Scroll untuk baca artikel
AgamaBudaya

Siapa Haman Menteri Paling Berpengaruh Saat Fir’aun Berkuasa

×

Siapa Haman Menteri Paling Berpengaruh Saat Fir’aun Berkuasa

Sebarkan artikel ini
Haman sosok menteri Fir'aun yang paling berpengaruh

Allah mengutus Nabi Musa kepada Firaun. Firaun yang hidup pada masa Nabi Musa pernah memiliki seorang wazir yakni penasihat atau menteri berkedudukan tinggi yang juga penanggung jawab proyek pembangunan Firaun.

Sebagaimana dijelaskan para mufasir, menteri Firaun itu dipanggil Haman. Dia memiliki posisi sangat penting dalam pemerintahan Firaun dan menjadi salah satu pilar dalam pemerintahannya.

Scroll untuk baca artikel

BACA JUGA: Bupati Pringsewu Titipkan Harapan Berdirinya Perguruan Tinggi Alquran

Tentang Haman, Allah SWT telah menyebutnya secara eksplisit dalam banyak ayat dalam Alquran. Seperti pada surat Al Ghafir ayat 23-24 menjelaskan Haman, Firaun dan Karun mendustakan Nabi Musa.

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا مُوسٰى بِاٰيٰتِنَا وَسُلْطٰنٍ مُّبِيْنٍۙ اِلٰى فِرْعَوْنَ وَهَامٰنَ وَقَارُوْنَ فَقَالُوْا سٰحِرٌ كَذَّابٌ

“Dan sungguh, Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata kepada Firaun, Haman dan Karun; lalu mereka berkata, (Musa) itu seorang pesihir dan pendusta.”

Haman, Firaun, dan Karun merespons dengan sombong atas seruan nabi Musa yang jelas dengan tanda-tanda dan mukjizatnya.

BACA JUGA: Menteri Trenggono : Kegiatan KKP 2022 Harus Memberi Dampak Positif Bagi Masyarakat Nelayan

Mereka justru menolak seruan nabi Musa. Sebagaimana yang dijelaskan dalam ayat berikut:

وَقَارُونَ وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ ۖ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مُوسَىٰ بِالْبَيِّنَاتِ فَاسْتَكْبَرُوا فِي الْأَرْضِ وَمَا كَانُوا سَابِقِينَ

“Dan (juga) Karun, Firaun, dan Haman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata.