Scroll untuk baca artikel
Kabar DesaNasional

10 Desa Jadi Percontohan Anti Korupsi di Indonesia, Satu ada di Lampung

×

10 Desa Jadi Percontohan Anti Korupsi di Indonesia, Satu ada di Lampung

Sebarkan artikel ini

“Kemudian, memperbaiki tata laksana pemerintahan desa yang berintegritas, dan memberikan pemahaman serta peningkatan peran serta masyarakat desa dalam upaya mencegah dan memberantas korupsi,” imbuhnya pada  Selasa (7/6/2022).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Rencananya, KPK akan menggelar kick off bimbingan teknis pembentukan desa antikorupsi 2022 di Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tema yang digagas untuk bimbingan teknis kali ini yaitu, ‘Berawal dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas dari Korupsi’.

Lebih lanjut, Ipi menjelaskan, pemilihan 10 desa antikorupsi tersebut telah dimulai sejak awal Februari dengan empat tahapan. Pertama, tahap observasi.

Pada tahapan tersebut lanjutnya, tim KPK melakukan observasi terhadap 23 desa di 10 provinsi yang menjadi target untuk menilai kesiapannya menjadi percontohan desa antikorupsi.

Kemudian didapatkan 10 desa terpilih di 10 provinsi.

“Tahapan kedua, adalah pelaksanaan kick off yang dimulai hari ini dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis mulai 8 sampai 21 Juni 2022 kepada seluruh elemen masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait upaya dan langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka pemenuhan komponen dan indikator desa antikorupsi,” sambungnya

Sementara tahapan ketiga, dilakukan penilaian oleh KPK, Kementerian Desa PDTT, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, konsultan dan beberapa pemerhati. Dan tahapan keempat, peresmian Desa Antikorupsi terpilih yang dilakukan pada November 2022 mendatang.