Lintas DaerahPolitik

Profil Suswono Calon Wakil Ridwan Kamil di Pencalonan Gubernur Jakarta

×

Profil Suswono Calon Wakil Ridwan Kamil di Pencalonan Gubernur Jakarta

Sebarkan artikel ini
Foto: Suswono selama ini dikenal sebagai seorang akademisi dan politisi senior
Foto: Suswono selama ini dikenal sebagai seorang akademisi dan politisi senior

JAKARTA – Nama Suswono jadi perbincangan dalam sepekan terakhir ini, setelah namanya mencuat diduetkan dengan Ridwan Kamil sebagai Wakil Gubernur DK Jakarta dalam Pilkada serentak 2024.

Suswono selama ini dikenal sebagai seorang akademisi dan politisi senior. Memiliki perjalanan karir cukup panjang dan penuh dedikasi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Lahir di Tegal

Suswono lahir di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada 20 April 1959. Sejak muda, ia telah menunjukkan minat yang besar dalam bidang pendidikan.

Selesai pendidikan dasar dan menengahnya di Tegal, Suswono melanjutkan studi ke Institut Pertanian Bogor (IPB) dan meraih gelar Sarjana Pertanian.

BACA JUGA :  Bawaslu Kota Bekasi: Secara Data Belum Ditemukan Pelanggaran Logistik Pemilu 2024

Ia memiliki ketertarikan pada dunia pendidikan tidak berhenti di situ, ia kemudian melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar Magister di bidang Ekonomi Pertanian dari Universitas Indonesia.

Karir akademis Suswono terus berkembang, ia sempat menjadi dosen dan peneliti di IPB, di mana ia terlibat dalam berbagai penelitian yang berkaitan dengan pengembangan pertanian dan ekonomi pedesaan.

Suswono selama ini juga aktif dalam berbagai seminar dan forum akademik, baik di dalam maupun luar negeri, sehingga namanya cukup dikenal di kalangan akademisi.

Dari DPR hingga Menteri Pertanian

Suswono juga aktif di dunia politik, tidak hanya jadi akademisi. Ia mulai terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada awal tahun 2000-an.

BACA JUGA :  PDIP Pastikan Usung Tri Adhianto Jadi Cawalkot Bekasi 2024

Karir politiknya dimulai saat ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada tahun 2004, mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah.

Sebagai anggota DPR, Suswono dikenal sebagai politisi yang giat memperjuangkan isu-isu pertanian dan kesejahteraan petani. Hal ini tidak terlepas dari latar belakang akademisnya yang kuat di bidang pertanian dan ekonomi pedesaan.