LampungPolitik

Skenario Kotak Kosong di Pilkada Lampung Timur Ambyar, PDIP Usung Dawam-Ketut Erawan?

×

Skenario Kotak Kosong di Pilkada Lampung Timur Ambyar, PDIP Usung Dawam-Ketut Erawan?

Sebarkan artikel ini
Dawam Rahardjo - Ketut Erawan
Dawam Rahardjo - Ketut Erawan

LAMPUNG TIMUR – Skenario Kotak Kosong untuk Pilkada Lampung Timur 2024, ambyar. Paslon Ela-Azwar yang telah diusung mayoritas Parpol untuk Pemilukada di daerah berjuluk Bumei Tuwah Bepadan akan mendapat lawan.

Kejutan detik terakhir pada penambahan waktu pendaftaran Pilkada dengan satu pasangan Calon pada 29 Agustus lalu, akan terjadi di Lampung Timur. Bahkan isu menyebutkan akan ada tiga Paslon di Pilkada Lampung Timur, tapi satu calon belum diketahui karena sebagai kejutan di detik terakhir.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Perjuangan tanpa lelah, untuk bisa kembali bertanding dalam Pilkada Lampung Timur oleh Bupati Dawam Rahardjo sepertinya membuahkan hasil. Lewat saluran telepon kader juga politisi senior PDIP di Lamtim mengkonfirmasi bahwa Dawam telah mendapatkan perahu untuk berlayar.

BACA JUGA :  Pelantikan Angota KPPS di Sekampung Udik Lampung Timur, Masih Sisakan Pertanyaan?

“Pilkada Lampung Timur tidak terjadi lawan Kotak Kosong, akan ada lawan. PDIP resmi telah mencabut dukungan untuk Paslon Ela-Azwar dan akan mengusung calon sendiri yakni Dawam sebagai Bupati,”ungkap Ketut Erawan dikonfirmasi Wawai News, Selasa 4 September 2024.

Dawam-Ketut Erawan, akan mendaftar dan ikut Pilkada Lampung Timur, jawab Politisi senior PDIP tersebut menegaskan kepada jurnalis Wawai News yang mengkonfirmasinya melalui saluran telpon WhatsApp.

Ia menyampaikan bahwa dirinya dipercaya oleh partainya untuk mendampingi pencalonan Dawam Rahardjo. Ketut Erawan akan jadi calon wakil Bupati dari Dawam Rahardjo di Pilkada Lampung Timur 2024.

Diketahui Dawam Rahardjo Bupati Lampung Timur, langkahnya untuk kembali mencalonkan diri di Pilkada 2024 telah diamputasi oleh partai tempatnya bernaung yakni PKB. Kepemimpinannya dijegal dan diganti Ela tanpa sebab meskipun saat Pemilu Legislatif lalu ia sukses membawa partai itu menang dengan perolehan kursi terbanyak.

BACA JUGA :  Pilkada Lamtim Tak Jadi Lawan Kotak Kosong, Menit Terakhir Bang Iful-Wahyudi Resmi Daftar di KPU?

Hingga pendaftaran Pemilukada pada 29 Agustus berakhir Pilkada Lampung Timur hanya satu Paslon. Namun, peluang berkata lain, pendaftaran diperpanjang dimana sebelumnya PDIP telah resmi mengusung pasangan Ela-Azwar Hadi, tapi berkat perjuangan dan desakan dari bawah sepertinya PDIP mendengar aspirasi rakyat.

Dawam Unggul di Survey

Diketahui berdasarkan survey posisi 8 calon Bupati di pilkada Lampung Timur 2024 pada Juli lalu, Dawam Rahardjo menempati posisi teratas sebagai calon Bupati Lampung Timur dengan 40,7 persen, disusul Zaiful Bokhari 22,3 persen, Azwar Hadi 7,3 persen.

Kemudian, Noverisman Subing 6,1 persen dan Ahmad Giri Akbar 3,9 persen. Lalu ada Garinza Reza Pahlevi 2,3 persen, Ella Siti Nuryamah 2,3 persen, Wahyudi 1,1 persen.

BACA JUGA :  Hari Ini, Dawam-Ketut Erawan Daftar Kembali ke KPU Lampung Timur?

Tak hanya itu di Survey Deni JA pun disebutkan bahwa jika dua calon yang akan maju pada Pilkada Lampung Timur yakni Dawam Rahardjo dan Ella Nuryamah, pemilih sebanyak 61,1 persen memilih Dawam Rahardjo, 11,4 persen memilih Ella Siti Nuryamah dan 27 persen masih rahasia.

Diketahui, dalam Pilkada serentak 2024, dua kader PKB yang masih menjabat sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah di Lampung didepak oleh Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia. Kedua kader PKB yang didepak yaitu, Bupati Lampung Timur M. Dawam Raharjo dan Wakil Bupati Lampung Tengah. Keduanya kini diketahui diusung oleh PDI-P.