Internasional

Jenazah Hizbullah Sudah Ditemukan di Lokasi Serangan Udara Israel dalam Kondisi Utuh

×

Jenazah Hizbullah Sudah Ditemukan di Lokasi Serangan Udara Israel dalam Kondisi Utuh

Sebarkan artikel ini
Foto: Pemimpin Hizbullah Sheik Hassan Nasrallah berbicara kepada khalayak selama hari suci Asyura, di pinggiran selatan Beirut, Lebanon. (AP/Hassan Ammar/File Foto)
Foto: Pemimpin Hizbullah Sheik Hassan Nasrallah berbicara kepada khalayak selama hari suci Asyura, di pinggiran selatan Beirut, Lebanon. (AP/Hassan Ammar/File Foto)

WAWAINEWS.ID – Jenazah Hassan Nasrallah pemimpin Hizbullah telah ditemukan di lokasi serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut, ibu kota Lebanon, pada Jumat (27/9) waktu setempat.

Menurut sumber medis dan sumber keamanan Lebanon, jenazah Hizbullah Nasrallah ditemukan dalam keadaan utuh setelah serangan Israel yang menewaskannya akhir pekan lalu tersebut.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Disebutkan Hizbullah bahwa Nasrallah terbunuh bersama anggota-anggota Hizbullah lainnya dan Kematian Nasrallah yang telah memimpin kelompok itu selama 30 tahun terakhir.

Tidak disebutkan lebih lanjut soal bagaimana tepatnya Nasrallah terbunuh atau kapan pemakamannya akan dilakukan.

Sumber medis dan sumber keamanan Lebanon, seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Senin (30/9/2024), mengungkapkan pada Minggu (29/9) waktu setempat.

BACA JUGA :  Final Piala Dunia Argentina vs Prancis Berakhir dengan Drama Penalti

Bahwa jenazah Nasrallah telah ditemukan dalam kondisi utuh dan tidak memiliki luka langsung akibat serangan Israel tersebut.

Menurut kedua sumber yang dikutip Reuters tersebut, tampaknya penyebab kematian Nasrallah adalah trauma benda tumpul akibat dampak ledakan yang terjadi saat gempuran Israel menghantam.

Kematian Nasrallah sejauh ini menjadi pukulan berat dalam dua pekan terakhir bagi Hizbullah, yang dilanda rentetan serangan mematikan terhadap ribuan perangkat komunikasi nirkabel yang digunakan para anggotanya.

Militer Israel juga meningkatkan serangan udara yang dilaporkan telah menewaskan beberapa komandan senior Hizbullah dan menghantam sebagian besar wilayah Lebanon.

Usai menewaskan Nasrallah, Tel Aviv terus melanjutkan serangannya, dengan pada Minggu (29/9), menargetkan puluhan posisi Hizbullah lainnya di Lebanon. Otoritas setempat melaporkan sedikitnya 105 orang tewas akibat serangan udara Israel di Lebanon sepanjang Minggu (29/9) waktu setempat.

BACA JUGA :  Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah Diklaim Terbunuh Dalam Serangan Angkatan Udara Israel

Kementerian Kesehatan Lebanon, dalam pernyataannya, menyebut lebih dari 1.000 orang tewas dan sekitar 6.000 orang lainnya mengalami luka-luka akibat rentetan serangan Israel yang berlangsung selama dua pekan terakhir di wilayahnya.

Begitu pun hal lain, tidak disebut lebih spesifik soal berapa banyak warga sipil yang tewas.

Pemerintah Beirut juga menyebut sekitar satu juta orang atau seperlima dari total populasi Lebanon telah mengungsi dari rumah-rumah mereka.

Israel telah bersumpah akan terus melancarkan serangan hingga bagian utara wilayahnya kembali aman bagi ribuan warganya, yang sebelumnya terpaksa mengungsi akibat rentetan serangan roket Hizbullah dari Lebanon.

Drone-drone militer Israel dilaporkan mengudara di wilayah udara Beirut sepanjang Minggu (29/9), dengan suara ledakan keras dari rentetan serangan udara menggema di sekitar ibu kota Lebanon.

BACA JUGA :  Wanita Italia Setelah Mualaf Mendapat Perlakuan Rasial

Kebanyakan serangan Israel dilancarkan terhadap wilayah Lebanon bagian selatan, yang menjadi lokasi sebagian besar operasi Hizbullah yang didukung Iran, atau di pinggiran selatan Beirut.***