Scroll untuk baca artikel
LampungPendidikanPertanian

Anak Petani di Lampung Akan Mendapat Beasiswa Kuliah

×

Anak Petani di Lampung Akan Mendapat Beasiswa Kuliah

Sebarkan artikel ini
Pemprov Lampung segera luncurkan Kartu Petani Berjaya, karyu tersebut akan memgkover untuk pembelian pupuk serta anak petani berprestasi untuk diberikan beasiswa ke jenang Kuliah (ist)

wawainews.ID, Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung akan memberikan beasiswa khusus bagi anak petani di wilayah setempat yang memiliki prestasi. Beasiswa kuliah tersebut akan diberikan melalui Kartu Petani Berjaya yang rencananya diluncurkan Agustus mendatang.

Kartu Petani Berjaya ini merupakan salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Baca juga: Kementan Siapkan Rp2 Triliun Untuk Petani Milenial

Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto, mengatakan disamping pemberian beasiswa, melalui Kartu Petani Berjaya, para petani di Lampung nantinya akan mendapatkan kemudahan soal pupuk dan bibit.

Fahrizal mengungkapkan setiap tahun Pemprov Lampung akan memberikan kuota bagi anak-anak petani yang akan memperoleh beasiswa.

“Jadi dalam satu tahun itu kita punya kuota. Misalkan saja kuotanya 50, nanti kita tentukan siapa saja,” kata Fahrizal, usai rapat koordinasi di Gedung Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL), Selasa (2/7/2019).

Fahrizal menjelaskan anak petani yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut nantinya akan memperoleh biaya uang semester dan skripsi dari Pemprov Lampung.

“Biaya kuliah dan skripsinya ditanggung Pemprov. Selain itu, nantinya juga akan mendapatkan uang saku,” jelas Fahrizal.

Program tersebut merupakan inovasi di bidang pertanian di Provinsi Lampung melalui Kartu Petani Berjaya dengan menggunakan terobosan teknologi informasi.

Menurut Fahrizal, melalui Kartu Petani Berjaya, nantinya diharapkan akan mempermudah petani dalam memperoleh pupuk tepat waktu, akses benih, akses permodalan, dan fasilitas penjaminan beasiswa bagi anak petani berprestasi.

Kartu petani ini, lanjut Fahrizal, hanya ikon, sama sepertinya akun gojek, bisa akses berbagai macam namun tanpa kartu. Begitu juga dengan kartu petani, bedanya petani membutuhkan kartu untuk mengambil kebutuhannya.

“Petani membutuhkan kartu untuk beli pupuk. Dia tinggal ke gerai pupuk untuk memasukkan nomor yang tertera pada kartu guna memastikan dirinya sebagai member,” jelas Fahrizal.(whd)