Scroll untuk baca artikel
Info Wawai

Siap-siap, Bentar Lagi Masuk Syaban, Berikut Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

×

Siap-siap, Bentar Lagi Masuk Syaban, Berikut Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

Sebarkan artikel ini
Bacaan niat puasa Nisfu Syaban dan keutamaan melaksanakannya. (iStockphoto/Drazen Zigic)
ilustrasi puasa

WAWAINEWS.ID – Puasa Ayyamul Bidh adalah salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Islam di bulan Sya’ban kalendar Hijriyah.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh di bulan Februari 2024 sebagai kalender Hijriah diketahui bahwa 1 Syaban 1445 H akan jatuh pada 11 Februari 2024.

Hal tersebut menunjukkan bahwa akan ada puasa sunnah Ayyamul Bidh yang dapat diamalkan oleh umat Islam dibulan Syaban menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H.

Puasa Ayyamul Bidh biasanya di sunnahkan tiga hari yakni, pada 13, 14, dan 15 sesuai penanggalan kalender Islam atau Hijriah.

Bagi umat Islam yang hendak menjalankan puasa Ayyamul Bidh di bulan Syaban, tidak ada salahnya untuk mengetahui kapan puasa tersebut dapat dilaksanakan berikut ini.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024

Mengingat puasa sunnah Ayyamul Bidh sangat dianjurkan, hendaknya bagi seorang muslim untuk mengerjakannya.

Puasa Nisfu Syaban adalah puasa sunah yang dikerjakan pada bulan Syaban yaitu sebelum memasuki Ramadhan.

Melaksanakan puasa sunah Nisfu Syaban sama halnya seperti mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut.

كان أحب الشهور إلى رسول الله عليه وسلم أن يصومه شعبان، ثم يصله برمضان

“Bulan yang paling disukai Rasulullah SAW untuk berpuasa ialah Syaban kemudian dilanjutkan dengan puasa Ramadhan.”

Pada bulan Syaban yang jatuh di bulan Februari 2024, akan ada tiga hari utama bagi umat Islam untuk menunaikan puasa sunnah Ayyamul Bidh.

Ketiga hari utama yang dimaksud adalah pada tanggal 13, 14, dan 15 Syaban.

Merujuk dari Kalender Hijriah Indonesia 2024 dari Kemenag RI, berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh di bulan Syaban tahun 2024:

13 Syaban 1445 H: Jumat, 23 Februari 2024
14 Syaban 1445 H: Sabtu, 24 Februari 2024
15 Syaban 1445 H: Sabtu, 25 Februari 2024

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam buku ‘Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah’ yang disusun oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jahamri, bacaan niat puasa Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut::

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ البَيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى.

“Nawaitu shauma ayyaamil biidhi sunnatan lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya niat puasa hari-hari putih, sunnah karena Allah Ta’ala.”

Hukum Puasa di Hari Jumat

Mengingat hari pertama puasa Ayyamul Bidh di bulan Syaban jatuh pada hari Jumat, lantas bolehkah bagi seorang muslim untuk menjalankannya?

Melansir laman resmi NU, dijelaskan bahwa terdapat larangan puasa di hari Jumat jika hari tersebut dikhususkan dengan sengaja untuk berpuasa.

Namun, apabila hari Jumat bertepatan dengan kebiasaan puasa seperti berpapasan dengan puasa Daud atau Ayyamul Bidh tidak menjadi masalah.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa seorang muslim dapat menjalankan ibadah puasa sunnah di hari Jumat dengan berpuasa pada hari sebelum atau sesudahnya. Seperti dijelaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a. yang menyebut bahwa Rasulullah SAW bersabda:

لا يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ

Artinya: “Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum’at kecuali jika ia berpuasa pula pada hari sebelum atau sesudahnya” (HR. Bukhari no. 1849 dan Muslim no. 1929).