Scroll untuk baca artikel
LampungSosial

Sistem Berbagi Keuntungan, e-Waroeng di Kotaagung Barat Kelola BPNT di Tiga Pekon

×

Sistem Berbagi Keuntungan, e-Waroeng di Kotaagung Barat Kelola BPNT di Tiga Pekon

Sebarkan artikel ini
agen e-Waroeng di Kota Agung Barat - foto Sumantri

WAWAINEWS – Persoalan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tak pernah selesai. Penyelenggaraannya masih carut marut terutama terkait proses pengiriman.

Hal itu terjadi seperti pada proses pengiriman sembako ke e-warong di wilayah Kotaagung Barat, Tanggamus.

Scroll untuk baca artikel

Temuan media masih carut marut dan tidak sesuai Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No 5 Tahun 2021 tentang pelaksanaan peogram sembako.

Pasalnya, di wilayah Kecamatan Kotaagung Barat ditemukan e-Waroeng dalam mengelola Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada Tiga Pekon sekaligus.

Sehingga terindikasi tidak maksimal dalam penyaluran bantuan sembako kepada KPM.

Salah satunya seperti e-waroeng di yang dikelola, Zulailawati di Kota Agung Barat. Ia mengungkapkan, e-Waroeng yang dikelolanya menyalurkan sembako untuk KPM di tiga Pekon sekaligus.

Dalam penyaluran bantuan, ia hanya menerima paket sembako dari suplayer untuk dibagikan ke keluarga penerima manfaat (KPM) setelah transaksi penggesekan kartu keluarga sejahtera (KKS).

“e-Waroeng ini begini, kami ini hanya menerima paket, kalau kita mau membelanjakannya sendiri kan kita ga tahu, jadi pendamping yang memasukkan suplayer-nya, tapi kalau untuk sayur-sayurannya kita bekerjasama dengan pendamping” kata Zulailawati.