Infrastruktur

Jembatan Penghubung di Desa Sripendowo Akhirnya Diperbaiki Secara Swadaya

×

Jembatan Penghubung di Desa Sripendowo Akhirnya Diperbaiki Secara Swadaya

Sebarkan artikel ini

LAMSEL – Jembatan penghubung yang jebol di desa Sripendowo Kecamatan Ketapang, kabupaten Lampung Selatan, akhirnya dibangun secara swadaya oleh dua desa. Hal tersebut dilakukan karena belum ada kabar perbaikan dari pemerintah setempat.

Jembatan tersebut merupakan jalur penghubung antar desa Sripendowo dan desa Kemukus yang jebol sejak beberapa bulan lalu dan yang mengkhawatirkan khususnya kendaraan roda empat, Jembatan tersebut jebol akibat bencana banjir.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Swadaya dalam perbaikan jembatan penghubung itu diinisiasi oleh APDESI Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan. Swadaya melibatkan dua desa yakni desa Sripendowo dan Desa Kemukus.

“Swadaya diambil secara acak, bagi yang memiliki kendaraan roda empat ditarik Rp100 ribu, sedangkan status pengusaha diminta menyumbang semen. Alhamdulillah sudah dua minggu ini jembatan sudah dibangun sekarang ditambah pondasi, penimbunan dan pengecoran,”ujar Imam Ketua Apdesi Ketapang, Senin (10/8/2020).

BACA JUGA :  Begini Keseharian Kades Karya Tunggal, Tetap Menekuni Bengkel

Dikatakan bahwa menunggu bantuan dari pemerintah prosesnya cukup lama. Meski sudah melihat langsung tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda dilakukan perbaikan. Sementara jembatan tersebut sangat diperlukan terutama oleh petani yang saat ini mulai panen jagung.

“Kalo tidak segera dilakukan perbaikan dikhawatirkan ambruk, karena jembatan tersebut jadi jalur keluar masuk hasil pertanian di wilayah setempat,:”tegasnya.

Herlambang Setio Budi Sekdes Sripendowo saat di konfirmasi membenarkan bahwa Tim dari BPBD Kabupaten Lampung Selatan, sudah pernah ngecek lokasi jembatan yang jebol di desa Sripendowo 7 Juni 2020, tapi sampai saat ini belum ada kabar .

“Harapa kami selaku pemerintah desa Sripendowo , segera di perbaiki walaupun tidak di bongkar total dari dinas terkait jembatannya, tapi tolong di perhatikan. Karena hari ini saya cek jembatan yang di sambung dan tambalan pondasinya sudah mulai retak,”paparnya.

BACA JUGA :  Temuan Mayat Dipinggir Pantai, Hebohkan Warga Sumur

Jembatan tersebut jelasnya, merupakan jalur untuk mengeluarkan hasil bumi dan lalulintas manusia dan barang Sehingga harus di bangun kokoh agar tidak  menghawatirkan wara yang melintas.

Anggota Dawan Lampung Selatan mengaku kecewa dengan Badan Penangulangan Bencana Daerah, (BPBD)  Lampung Selatan karena dinilai tidak memperhatikan jembatan penghubung tersebut dan harus dibangun secara swadaya oleh masyarakat.

Sebelumnya dia sudah berjanjikan akan merekomendasikan agar segera diperbaiki. Dia kembali mengumbar janji, untuk segera be koordinasikan dengan pimpinan komisi III untuk mencari solusi.

“Saya kecewa kenapa saya kecewa , seharusnya di bangun cepat memakai anggaran tanggap darurat, apa lagi ini salah salah satu jalan utama bagi petani untuk mengakut hasil panen,”ungkap Deden Alindo saat dikonfirmasi terpisah. (En)

BACA JUGA :  Ribuan Masker Dibagikan Gratis di Desa Kedaung