WAWAINEWS – Marketing Communcation (Marcom ) menjadi posisi cukup vital dalam sebuah perusahaan. Posisi Marcom memiliki job description yang bisa mempengaruhi income dari perusahaan.
Maka dari itu tak heran profesi ini cukup banyak diminati banyak orang. Apa Sih Marketing Communication. Ini adalah mengekseskusi seluruh proses.
Dari hubungan klien, PR dan strategi pemasaran, sisi kreatif literatur promosi, periklanan dan karya seni. Pekerjaan ini melibatkan beberapa tugas termasuk:
Membuat rencana pemasaran
Mengorganisir pameran
Customers events
Mengelola anggaran pemasaran
Mengembangkan materi pemasaran untuk menghasilkan arahan penjualan
Memproduksi press release
arcomm dapat mencakup kegiatan seperti Marketing PR, Client Relations, iklan, komunikasi internal (dalam perusahaan, seperti buletin) atau seluruh bisnis mengelola kampanye media sosial menggunakan Twitter dan LinkedIn. Untuk menjadi Marcom kamu harus memiliki beberapa skill yaitu:
Kesadaran konsumen dan produk yang kuat
Keterampilan berorganisasi dan perencanaan yang baik
Komunikasi tertulis dan verbal yang sangat baik
Kemampuan untuk bekerja pada banyak proyek sekaligus
Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu
Perhatian yang baik terhadap detail dan akurasi
Keahlian IT yang kuat
Pengetahuan yang baik tentang teknik pemasaran
Motivasi diri
Kemampuan untuk menjadi pemain tim
Keterampilan kreatif yang bagus
Penting untuk dicatat bahwa peran, tanggung jawab, dan proses di bidang ini dapat bervariasi dari masing-masing perusahaan tergantung pada kebutuhan perusahaan. Ada spesialis dan generalis, mereka yang melakukan pekerjaan taktis atau strategi, dan peran untuk spesialis digital dan Marcom. Jadi apakah kamu berminat menjadi profesi marcom?.(**)