Scroll untuk baca artikel
LifeStyleTeknologi

Panduan Setting TV Digital Tanpa Set Box, Tapi Harus Teliti dan Sabar!

×

Panduan Setting TV Digital Tanpa Set Box, Tapi Harus Teliti dan Sabar!

Sebarkan artikel ini
Foto: Infografis/Cara Cek Televisi di Rumah Sudah TV Digital Atau Belum/Arie Pratama

WAWAINEWS – Siaran TV analog resmi dimatikan oleh pemerintah, anda pun diharuskan beralih untuk menonton TV Digital. Hal tersebut berlaku sejak 2 November 2022.

Tapi anda tak perlu khawatir karena bisa berpindah ke TV digital dengan cara yang mudah dan gampang, tanpa set top box (STB).

Scroll untuk baca artikel

Ada tiga cara yaitu untuk memeriksa apakah TV Anda bisa menerima siaran digital, membeli Smart TV dan membeli Android TV.

Pemerintah sebenarnya telah memberi banyak kemudahan untuk membeli set top box. Bagi keluarga miskin dengan syarat memiliki TV analog, pemerintah juga menyediakan bantuan STB gratis.

Beralih ke TV Digital Warga Tak Perlu Harus Beli Televisi Baru

Jika Anda tak menerima bantuan STB gratis cara nonton TV digital tanpa set box bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

Lakukan pemeriksaan apakah TV Anda bisa menerima siaran digital.

Cara nonton TV digital tanpa set top box bisa Anda lakukan dengan memeriksa apakah perangkat TV anda mendukung siaran tersebut. Caranya:

Kunjungi situs siarandigital.kominfo.go.id.

Pilih menu perangkat tv digital

Pilih kategori televisi, maka akan muncul daftar perangkat TV yang mendukung siaran digital.

Kelebihan TV Polytron, Merek Lokal Murah Tapi Berkualitas

Anda juga bisa mengetik merek dan tipe, kemudian pilih cari. Jika tidak tersedia akan muncul pemberitahuan yang menandakan perangkat Anda belum mendukung siaran TV digital.

Adapun daftar perangkat yang mendukung pindah ke TV digital tanpa STB adalah MITO 5011, shoppingmode Samsung QA55QN85AAKXXD, LG 43NANO755SQA, PANASONIC TH-43H400G, MITO 3255, shoppingmode Samsung QA55Q80TAKXXD, LG 55QNED80SQA, PANASONIC TH-32H400G, PANASONIC TH-43HX600G dan Samsung QA55Q70TAKXXD.

Cara lain untuk bisa nonton TV digital tanpa STB bisa menggunakan Smart TV yang sudah dibuat langsung dan bisa terkoneksi dengan internet. Tentunya ada biaya tambahan lho.

Melansir Life Style Asia, Smart TV telah dilengkapi aplikasi bawaan seperti Youtube, Netflix dan layanan hiburan lainnya.

Melansir tcl.com, Smart TV adalah televisi dengan sambungan internet, seperti memiliki komputer di TV Anda. Namun aplikasi yang tersedia di Smart TV tidak bisa di upgrade layaknya Android TV.

TV Digital dapat dinikmati di Smart TV lantaran memiliki jenis bentuk bit data informasi yag sama seperti layanan streaming Youtube maupun Netflix.

Baca Juga: Alamak.. Jelang Porprov 2022, Anggaran Cabor di Lampung Timur Belum Cair

Apakah semua Smart TV bisa menerima siaran TV digital di daerah Anda? Untuk memastikan ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan melalui situs Kominfo di atas.
Biasanya jika perangkat mendukung siaran digital di daerah Anda akan muncul menu atau informasi yang mengizinkan Anda mencari sinyal siaran TV digital.

Cara lain untuk pindah ke TV Digital tanpa STB bisa dengan memiliki Android TV atau membeli perangkat baru. Pada dasarnya Android TV adalah Smart TV yang memiliki tambahan fitur menyesuaikan dengan sistem operasi Android yang dibuat oleh Google.

Android TV dikenal dengan kampanye memindahkan layar kecil Anda ke layar yang lebih besar. Android TV dapat tersambung dengan wifi dan HP Anda. Jadi yang Anda lakukan di HP bisa pindah ke layar TV yang lebih besar.

Baca Juga: Masa 60 Hari Lagi, Proyek Lampung Timur Rp170 Miliar Belum Terserap?

Android TV dapat terhubung ke internet dan menyediakan layanan streaming dari Netflix, Youtube, HBO Max, Spotify, Disney + dan lainnya. Anda juga dapat menyaksikan siaran live TV hingga bermain games.

Untuk memastikan Smart TV atau Android TV bisa menerima siaran TV Digital, periksa satu hal ini. Pastikan perangkat tersebut sudah dibekali fitur DVB-T2.

Setting Set Top Box

Nagi masyarakat yang pakai set top box ini cara men-setting siaran TV digital. Karena di beberapa daerah, siaran TV Digital sudah mulai mengudara secara bertahap di Indonesia menggantikan siaran TV analog.

Rosarita Niken Widiastui, dari Kominfo mengatakan bagi yang masih memiliki TV analog dapat menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat set top box.

Set Top Box (STB) adalah alat untuk menkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Hal itu karena STB sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terresterial (DVB-T2).

Ia mengungkapkan dengan sudah memakai STB, maka masyarakat tidak perlu antena parabola atau yang baru. Sebab, antena televisi jenis UHF juga memungkinkan menangkap siaran TV digital.

Baca Juga: Ayo ke Gunung Tanggamus, Negeri Atas Awan di Bumi Begawi Jejama

“Dengan pakai set top box ini bukan menjadi televisi berlangganan, tidak perlu membayar bulanan, tidak pakai kuota internet, karena siaran seperti biasanya saja, hanya beli set top box saja,” ujar Niken menjelaskan.

Berikut ini cara men-setting siaran TV digital:

Pastikan di daerah anda sudah terdapat siaran TV digital. Untuk mengetahuinya bisa unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Play Store maupun App Store.

Gunakan antena biasa, baik yang dipasang luar rumah atau di dalam rumah.

Pastikan bahwa pesawat televisi sudah dilengkap penerima siaran TV digital DVB-T2.

Jika televisi anda analog, maka bisa diakali dengan menggunakan alat tambahan bernama set top box.

Setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi pengaturan/setting. Kemudian pilih auto scan untuk memindah program siaran TV digital.

Implementasi suntik mati TV analog ini berdasarkan sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021. **