Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Pengamat Sebut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga Rawan Penyimpangan

×

Pengamat Sebut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga Rawan Penyimpangan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau operasi pasar di Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (11/1/2022).

WAWAINEWS – Pengamat Pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Khudori mengatakan kebijakan minyak goreng murah sangat membantu masyarakat tetapi rawan diselewengkan.

Semua pihak perlu aktif melakukan pengawasan dan melaporkan bila ada kejanggalan dalam implementasi program tersebut di lapangan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Untuk menjamin ketersediaan minyak goreng tersebut setelah pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah mempersiapkan dana senilai Rp7,6 triliun yang digunakan untuk membiayai penyediaan minyak goreng bagi masyarakat sebesar 250 juta liter per bulannya.

Pertama, penerapan harga minyak goreng yang dimulai olah pasar ritel modern dirasa tidak tepat sasaran.

“Kebanyakan masyarakat yang tidak mampu ini belanjanya di pasar tradisional, seharusnya lebih dahulukan pasar tradisional. Kebanyakan yang beli di pasar ritel modern ini kan orang-orang yang mampu. Ini gak adil,” kata Khudori melalui telepon, Kamis, 20 Januari 2022.

Dia melanjutkan untuk yang kedua, penyebaran distribusi minyak goreng murah ini kurang merata. Karena tidak semua daerah-daerah memiliki pasar ritel modern.

Untuk itu, di beberapa titik ada yang stoknya langsung habis bahkan sampai punic buying. Sementara di beberapa daerah lainnya stok masih berlimpah.

Ketiga, adanya pengusaha yang culas. Mungkin saja di bulan kedua ada pengusaha yang mempunyai banyak alamat toko kemudian order minyak goreng murah untuk dikirim kepada gudang tertentu lalu ditimbun kemudian dijual kembali saat momen tertentu dengan mencari keuntungan.

“Bisa saja nanti dioplos dan dijual kepada daerah tertentu. Atau kemungkinan terburuk bisa dijual ke pasar luar negeri dengan harga yang tinggi oleh pengusaha yang culas ini,” ujarnya.

Khudori juga berpendapat bila nanti harga CPO dunia turun pastinya ada keseimbangan harga minyak goreng baru, tetapi akankah minyak goreng akan ikut turun juga? Belum tentu ikut turun. Oleh sebab itu, harus serius dalam mengimplementasikan kebijakan dan melakukan evaluasi serta pengawasan. Sehingga tidak ada oknum-oknum yang mengambil keuntungan.(*)