Scroll untuk baca artikel
Wisata

Sandiaga Uno: Bintan Miliki Kawasan Pariwisata Kelas Dunia

×

Sandiaga Uno: Bintan Miliki Kawasan Pariwisata Kelas Dunia

Sebarkan artikel ini

BINTAN – Kawasan pariwisata dengan keindahan alam, fasilitas dan infrastruktur yang ada, mendapat pujian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ) Sandiaga Uno.

Ia mengatakan bahwa Bintan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki tempat wisata kelas dunia. Ia menilai Kepulauan Riau, khususnya Bintan yang memiliki infrastruktur penunjang yang siap datang wisatawan nusantara maupun wisman.
Berdasarkan informasi yang ia peroleh, ada 2.000 kamar hotel yang tengah dibangun di Bintan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“2.100 kamar yang sudah siap jadi total akan ada 4.100 kamar hotel. Ini merupakan suatu kawasan yang sudah siap untuk beberapa acara seperti sport tourism, adventure tourism, atau MICE. Jadi kami nanti akan bekerja sama dengan stakeholder, Forkominda agar Bintan terutama Lagoi Resorts menjadi venue kelas dunia, “ucap Sandiaga.

Dalam kunjungan ini, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didampingi oleh Asisten II Gubernur Kepulauan Riau, Syamsul Bahrum dan Bupati Bintan, Apri Sujadi.
Sandiaga tiba di Bintan menggunakan kapal cepat dari Batam menuju Pelabuhan Bandar Bintan Telani.
Setibanya di Pelabuhan Bandar Bintan Telani, Sandiaga juga menyempatkan diri mengunjungi kapal pesiar MV Doulos Phos yang kini dialihfungsikan menjadi hotel.

“Bintan level pariwisata kelas dunia. Untuk infrastruktur yang paten punya. Luar biasa,” kata Sandiaga Uno saat mengunjungi kawasan pariwisata Bintan, Sabtu.

Menparekraf juga memori keindahan alam yang dikemas dengan baik dan apik.

Ia mengapresiasi industri dan investasi di kawasan Bintan yang telah menciptakan tenaga kerja bagi warga sekitar dan juga pendatang dari seluruh Indonesia.

Lebih dari itu, Bintan tidak hanya mengemas pariwisata untuk kelas menengah ke atas. Melainkan juga ada fasilitas untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

“Saya bahagia ada desa wisata. Jangan sampai pariwisata hanya menengah ke atas. Menengah ke bawah juga, untuk masyarakat Bintan,” kata Sandiaga pula.

Di Pulau Bintan , terdapat Pantai Trikora dan desa wisata yang bisa dinikmati masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf juga mengapresiasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 di kawasan wisata Bintan, mulai dari di pelabuhan hingga di lokasi wisata.

“Ini adalah salah satu yang terbaik,” kata Sandiaga Uno lagi.

Ia menyatakan akan melaporkan kondisi itu kepada Menteri Kesehatan , kawasan itu bisa segera dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara. (*)