Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
Lampung

Tinjau Lokasi Banjir, Ketua DPRD Tanggamus Pastikan Lingkunagn dan Warga Tertangani Maksimal

×

Tinjau Lokasi Banjir, Ketua DPRD Tanggamus Pastikan Lingkunagn dan Warga Tertangani Maksimal

Sebarkan artikel ini
Pemkab Tanggamus kirim satu unit ekskavator untuk membuat tanggul di aliran sungai Dusun Tanjungan Anom dan Tanjungan Induk, Jumat, 01 Desember 2023. (Foto: Dok. Pemerintah Pekon Tanjungan)

WAWAINEWS.ID – Ketua DPRD Tanggamus bersama Pj Bupati Irsan Mulyadi meninjau langsung lokasi banjir dan longsor yang terjadi di Pematang Sawa, pada 30 November 2023 kemarin.

Pasca banjir di Pematang Sawa, Pemkab Tanggamus telah menerjunkan ekskavator untuk perbaikan akses jalan sementara sekaligus melakukan normalisasi sungai di titik-titik yang jadi prioritas.

Example 300x600
Scroll untuk baca artikel

BACA JUGA: Resmi Pecat Nauval, PDIP Tunjuk Tukiman PAW Anggota DPRD Tanggamus

Eksavator tersebut mulai melakukan pembersihan sisa material banjir dan longsor di lingkungan warga. Hal lain adalah membuat tanggul di aliran sungai Dusun Tanjungan Anom dan Tanjungan Induk.

“Mendatangkan ekskavator merupakan solusi jangka pendek atau sementara,”ungkap Heri Agus Setiawan Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, usai meninjau lokasi bersama Pj Bupati Tanggamus, Jumat 1 Desember 2023.

Menurutnya, alat berat itu bisa digunakan normalisasi sungai di titik-titik prioritas serta melakukan perbaikan bronjong dan penimbunan pada area tanggul yang jebol. Hal itu dalam rangka mengantisipasi dampak yang lebih besar, segara memperbaiki akses jalur transportasi sementara.

BACA JUGA: Banjir Bandang di Semaka Rusak Ribuan Rumah dan Ratusan Hektar Sawah

“Penanganan banjir harus dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi dari hulu sampai hilir terkait kewenangan pemerintah di tingkatan masing-masing,” ujarnya.

Dalam rangka mencegah longsor susulan karena memasuki musim penghujan pihak Pemkab Tanggamus melalui Pj bupati diketahui telah mengadakan rapat teknis bersama OPD terkait.

DPRD Tanggamus jelasnya, terus mendorong agar pemerintah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat.