Scroll untuk baca artikel
AgamaKesehatanRagam

Tips Sehat dari Ahli saat Menjalan Ibadah Puasa, Pertama Makan Secukupnya

×

Tips Sehat dari Ahli saat Menjalan Ibadah Puasa, Pertama Makan Secukupnya

Sebarkan artikel ini

WAWAINEWS.ID – dr Ita Fajria Tamim memberikan tips untuk menjalankan ibadah puasa tetap dalam bugar. Tubuhnya bisa cepat beradaptasi, perut tidak bermasalah dan bisa menjalankan puasa dengan lancar.

Pengasuh Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Sampang ini mengungkapkan beberapa hal yang perlu perhatikan agar tubuh terhindar, terutama saluran pencernaan, bisa beradaptasi dengan baik, tidak mengalami gangguan, dan puasa bisa lancar.

Scroll untuk baca artikel

BACA JUGA: 8 Tips Cegah Bau Tak Sedap dari Mulut Ketika Berpuasa

Melansir dari NU Online Tips pertama yang perlu diperhatikan agar perut tak sakit saat puasa makan dengan porsi secukupnya, tidak berlebih saat sahur dan buka puasa.

Biasanya karena dorongan nafsu, saat berbuka puasa banyak yang makan sebanyak-banyaknya. Padahal damapknya akibat porsi makan berlebih saat sahur atau buka bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih.

Sehingga berdampak pada perut bisa kembung, perih, hingga timbul GERD (gastroesophageal reflux disease) atau naiknya asam lambung.

BACA JUGA: Tips Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa Selama Bulan Suci Ramadhan

“Selama puasa, porsi makan sedikit, tapi sering lebih dianjurkan,” jelas alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali ini.

Tips kedua yang perlu dilakukan yaitu menghindari tidur saat perut penuh makanan atau minuman.