Scroll untuk baca artikel
BudayaLampung

Tradisi Unik Usir Pagebluk, di Desa Malangsari?

×

Tradisi Unik Usir Pagebluk, di Desa Malangsari?

Sebarkan artikel ini
cara unik warga desa Malangsari usir pagebluk dengan membuat pembakaran di depan rumah menggnakan kayu bakar setiap menjelang magrib.

LAMSEL – Penduduk Desa Malangsari, Tanjungsari, Lampung Selatan, memiliki cara unik untuk mengusir virus yang membandel atau mereka sebut Pagebluk, dengan membuat perapian dari kayu bakar yang dibakar disetiap depan rumah.

Cara unik itu merupakan kepercayaan yang telah dipercayai secara turun temurun bagi warga setempat yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa. Perapian mulai dihidupkan kala menjelang magrib di depan rumah mereka.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Pandemi Covid-19 atau warga di Desa setempat menyebutnya dengan istilah Pagebluk, tidak membuat warga menjadi ketakutan berlebihan, menurut warga peristiwa ini sudah di ramalkan dari sejak dahulu oleh orang tua tua sebelum mereka,

” Pagebluk ini sudah di katakan oleh orang jaman dulu bakal terjadi suatu saat dimasa depan, dan warga diingatkan untuk waspada dan melakukan ritual ini untuk menolaknya” kata Suyono, warga Malangsari.

Menurutnya setiap hari menjelang Sholat Magrib warga diminta menyalakan api di depan rumah masing masing. Hal itu dipercaya bisa mengusir bala virus yang tengah melanda saat ini.

”Gunanya apa ? saat ini kan musim dingin, kalau kita menyalakan api supaya lingkungan menjadi hangat sehingga penyakit atau kuman kuman itu mati” tambah dia.

Dikatakan bahwa apa yang dilakukan itu adalah bentuk ritual seperti yang dilakukan, bahkan warga di Lampung Timur sebagian juga sudah ikut melakukan ritual tersebut.