Lingkungan HidupZona Bekasi

DLH Kota Bekasi Tutup Dua Saluran Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

×

DLH Kota Bekasi Tutup Dua Saluran Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Sebarkan artikel ini
Komjen Pol (Purn) Saud Usman Nasution, Wakil direktur CV Warisan Matahari Makmur (kirim) bersama Kabid PPKLHPH DLH Kota Bekasi saat konfrensi pers, Kamis 26 Oktober 2023 - Foto Pandu
Komjen Pol (Purn) Saud Usman Nasution, Wakil direktur CV Warisan Matahari Makmur (kirim) bersama Kabid PPKLHPH DLH Kota Bekasi saat konfrensi pers, Kamis 26 Oktober 2023

WAWAINEWS.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi memastikan telah melakukan penutupan dua saluran limbah pabrik bakso yang beroperasi di wilayah Jatirangga, Jatisampurna.

Dua saluran limbah pabrik bakso yang ditutup di wilayah Jatirangga itu, adalah milik CV Warisan Matahari Makmur dan pabrik bakso Berkat Langgeng Lestari, yang jaraknya saling berdekatan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Sebagai bentuk respon DLH Kota Bekasi atas pengaduan dan informasi terkait pencemaran dari industri Pabrik Bakso, kami telah melakukan pengecekan lapangan dan membuat surat teguran hingga penutupan saluran limbah,” ungkap Andy Frengky, Kabid Pengendalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup, dan Penegakan Hukum (PPKLHPH) DLH Kota Bekasi, Kamis (26/10/2023).

BACA JUGA :  Ulah Warga Asing Resahkan Warga Bekasi

BACA JUGA : Sumber Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga Masih Misterius 

Diketahui, DLH Kota Bekasi melalui Kabid PPKLHPH menggelar konferensi pers di lokasi pabrik bakso wilayah Jatirangga pada Kamis 26 Oktober 2023, untuk menyampaikan tindakan yang telah dilakukan, terkait pengaduan dan informasi dari pemberitaan media.

Pada kesempatan itu, Andy, Kabid PPKLHPH, mengajak wartawan langsung turun ke lapangan untuk mengecek saluran pipa pembuangan limbah pada dua pabrik bakso, di wilayah Jatirangga.

Ia menunjukkan saluran pipa saluran limbah olahan pabrik bakso tersebut, yang telah dilakukan penutupan secara permanen.

BACA JUGA : Sudah Diberi Teguran Dua Kali, Tapi Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga Masih Mengalir ke Kali Cikeas

BACA JUGA :  Pekerja Temukan Magazine Aktif saat Ngeruk Lumpur di Bekasi

Pantauan di lapangan adalah, satu pabrik bakso milik Berkat Langgeng Lestari, limbah sisa olahan selama ini hanya dialirkan begitu saja ke tanah kosong yang ada di belakang perusahaan. Sementara limbah milik CV Warisan dialirkan pada saluran yang langsung menuju kali Cikeas.

Andy menegaskan bahwa dua pabrik bakso di Jatirangga itu, tidak memiliki persetujuan teknis sehingga sebelum dilakukan penutupan saluran telah diberi sanksi paksaan pemerintah. “Sekarang saluran sudah ditutup, tugas berikutnya adalah bersama-sama melakukan monitoring,” tegas Andy.

Wakil Direktur CV Warisan Matahari Makmur Komjen Pol (Purn) Saud Usman Nasution, yang hadir dalam konferensi pers tersebut menyampaikan bahwa selaku manajemen perusahaan telah mengikuti semua petunjuk yang diberikan dari instansi terkait.