Gua Landak Jejak Pemukiman Penduduk Purbakala Lampung di Tanggamus

Gua landak jejak pemukiman penduduk purbakala Lampung di Tanggamus, (foto_Poskota Lampung)
Gua landak jejak pemukiman penduduk purbakala Lampung di Tanggamus, (foto_Poskota Lampung)

WAWAINEWS - Jejak pemukiman penduduk purbakala Lampung ribuan tahun lalu ditemukan di wilayah Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Forum Juru Pelihara Cagar Budaya (FJPCB) Provinsi Lampung mengklaim berhasil menemukan Gua Landak, di wilayah Tanggamus.

Baca juga: Taman Purbakala, Situs Budaya di Lampung Timur

Bahkan menurut Oki Laksito, anggota Tim Cagar Budaya (TACB) Provinsi Lampung, menerima informasi tersebut dari Ketua FJPCB Lampung Haroni. "Ini temuan luar biasa," katanya dilansir WAWAINEWS dari Poskota Lampung, Rabu (12/10/2022).

Arkeolog dan kurator museum ini memperkirakan gua Zaman Mesolitikum (Zaman Batu Tengah) tersebut sudah mulai jadi pemukiman 10 ribu tahun lalu. "Berdasarkan pertanggalan relatif," ujarnya.

Zaman Mesolitikum dikenal juga sebagai Zaman Batu Tengah atau Batu Madya. Ciri utama peradaban pada periode ini adalah kehidupan semi nomaden. "Sebagian manusianya saat itu telah hidup menetap di gua-gua dan yang lainnya masih berpindah-pindah," katanya.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Hits dan Direkomendasikan di Lampung Timur

Selain food gathering, masyarakatnya mulai mengenal tradisi bercocok tanam. Masyarakatnya juga telah mengenal sistem organisasi sosial dan pembagian kerja.

MANUSIA PENDUKUNGM

Manusia pendukung pada periode ini berasal dari campuran bangsa-bangsa pendatang dari Asia. Seperti contohnya Suku Irian, Suku Sakai, Suku Atca, Suku Aborigin, dan Suku Semang.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Sumber: Poskota Lampung

Baca Juga