Scroll untuk baca artikel
Lampung

Ikut UKW Gratis Fasilitas Lembaga Uji Moestopo, Dua Wartawan Wawai News di Lampung Kompeten

×

Ikut UKW Gratis Fasilitas Lembaga Uji Moestopo, Dua Wartawan Wawai News di Lampung Kompeten

Sebarkan artikel ini
Peserta pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) foto bersama usai pengumuman oleh tim penguji di Novotel, Bandar Lampung, pada Sabtu 8 Juni 2024
Peserta pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) foto bersama usai pengumuman oleh tim penguji di Novotel, Bandar Lampung, pada Sabtu 8 Juni 2024

LAMPUNG – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2024 secara Gratisan di fasilitasi oleh Dewan Pers, dengan menunjuk lembaga uji kompetensi Wartawan Moestopo, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan PWI di Hotel Novotel Bandarlampung, selesai, pada Jum’at 7 Juni 2024.

Diketahui dua wartawan Wawai News peserta UKW melalui Lembaga Uji Moestopo ikut dinyatakan Kompeten oleh penguji, keduanya adalah Sumantri dan Arzal.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Peserta dari Lembaga Uji Moestopo keseluruhan berjumlah 24 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang di selenggarakan oleh Dewan Pers di Ballroom Hotel Novotel, Lampung selama dua hari sejak Jumat 7 Juni hingga Sabtu 8 Juni 2024.

Dari 24 peserta UKW melalui Lembaga Uji Moestopo 21 wartawan dinyatakan kompeten, 1 wartawan tidak hadir dan 2 orang wartawan dinyatakan belum kompeten.

“Alhamdulillah 21 wartawan dari Lembaga Uji Moestopo dinyatakan kompeten, dua wartawan dinyatakan belum kompeten” ungkap Retno Intani penguji dari Lembaga Moestopo.

Diketahui total peserta keseluruh 72 orang wartawan yakni, 34 peserta dari lembaga uji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Namun dalam pengumuman usai ujian dilaksanakan 5 peserta dari PWI dinyatakan tidak kompeten, dari jumlah itu dua peserta dinyatakan tak kompeten dikarenakan tidak hadir. Sehingga dari 32 peserta yang hadir hanya 29 peserta melalui PWI dinyatakan kompeten.

“Dari lembaga uji PWI ada 5 wartawan dinyatakan belum kompeten, 29 dinyatakan kompeten dan 2 wartawan tidak hadir dari jumlah peserta 34 orang” kata Wirahadikusumah selaku penguji dan juga sebagai Ketua PWI Provinsi Lampung.

Sementara dari lembaga uji IJTI sepakat tidak diumumkan soal kelulusan peserta UKW.

“Kami dari lembaga uji IJTI sudah sepakat untuk tidak mengumumkan hasil UKW ini, hanya peserta dan penguji saja yang mengetahui, lulus atau tidaknya” kata salah satu penguji dari lembaga uji IJTI

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2024 di Provinsi Lampung itu difasilitasi oleh Dewan Pers dengan menunjuk Lembaga UKW Moestopo, lembaga UKW IJTI dan PWI.

UKW di Lampung kali ini diikuti kurang lebih 70 wartawan dari berbagai daerah wilayah Lampung. Dari lembaga UKW Moestopo sendiri sebanyak 23 peserta jenjang wartawan muda yang diuji oleh 4 penguji.

Dari lembaga uji PWI diikuti oleh 32 peserta, penguji 6 orang dan lembaga uji IJTI diikuti 9 peserta dan 2 penguji.***