Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Ini Penyebab WhatsApp dan Facebook Down

×

Ini Penyebab WhatsApp dan Facebook Down

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Pengguna di seluruh dunia melaporkan tidak dapat mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Mengutip BleepingComputer, Senin (4/10/2021), hal ini terjadi karena adalah masalah pada DNS (Domain Name System).

Sejumlah pengguna disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

Scroll untuk baca artikel

“Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics,” demikian pesan yang muncul saat mambuka laman Facebook.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan “Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti.”

Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

WhatsApp, Facebook, dan Instagram down bersamaan, Senin malam (4/10/2021). Di Twitter, masalah ini membuat keyword WhatsApp dan tagar Instagram Down jadi trending topic.

Hingga berita ini naik, ada lebih dari 1,23 juta cuitan yang menyinggung soal masalah WhatsApp dan lebih dari 86,6 ribu cuitan yang menautkan tagar Instagram Down.

Menurut situs Downdetector.com, masalah ini terjadi di sejumlah negara. Saat berita ini di naik, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down ada sekitar 54 ribuan.

Lalu, untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1.691 dan 2.984 laporan yang masuk.

Saat kami coba, mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di-refresh dengan tulisan “couldn’t refresh feed.”

Belum ada keterangan resmi dari Facebook sehingga tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara bersamaan.

Keluhan warganet diutarakan melalui media sosial Twitter hingga menjadi trending topik di Indonesia dan dunia, Senin (4/10/2021) malam.

Keluhan WhatsApp down dicuitkan hingga lebih dari 800 ribu kali. Sementara warganet ramai mencuitkan tagar #Instagramdown hingga lebih dari 50 ribu kali.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, berbagai meme mengenai tumbangnya layanan milik keluarga Facebook ini meramaikan linimasa.(*)