Scroll untuk baca artikel
Advertorial

Ketua TP PKK Lampung Timur Buka Pelayanan KB Serentak Sejuta Aseptor di Marga Sekampung

×

Ketua TP PKK Lampung Timur Buka Pelayanan KB Serentak Sejuta Aseptor di Marga Sekampung

Sebarkan artikel ini
Yus Bariah Dawam Rahardjo, membuka Pelayanan KB Serentak Sejuta Aseptor dalam rangka Harganas Tahun 2023 dan Pembinaan Gerakan Posyandu Aktif di Desa Bukit Raya Marga Sekampung, Rabu (14/6/2023).

WAWAINEWS.ID – Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo, membuka Pelayanan KB Serentak Sejuta Aseptor dalam rangka Harganas Tahun 2023 dan Pembinaan Gerakan Posyandu Aktif di Desa Bukit Raya, Marga Sekampung, Rabu (14/6/2023).

Terima kasih kami sampaikan kepada Camat beserta jajaran, Ka UPT Puskesmas Peniangan beserta Jajaran, PLKB dan Kepala Desa  dan seluruh peserta yang hadir pada Kegiatan dan mempersiapkan sehingga terselenggaranya acara ini.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

BACA JUGA: TP PKK Lampung Timur Perkuat Kader Posyandu untuk Atasi Stunting di Sekampung Udik

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang mewadahi pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan sosial dasar yang pelaksanaannya dapat disinergikan dengan layanan lainnya sesuai potensi daerah.

Keberadaan Posyandu semakin kuat, setelah ditetapkan sebagai salah satu jenis Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Posyandu ditetapkan sebagai wadah partisipasi masyarakat, mitra pemerintah desa/kelurahan, yang ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan pembangunan di bidang kesehatan dan meningkatkan pelayanan masyarakat desa/kelurahan.

BACA JUGA: Desa Induk GSB, PuluhanTahun Belum Pernah Tersentuh APBD Lamtim

Untuk itu diperlukan penguatan pembinaan dalam upaya pencapaian Posyandu aktif, dimana salah satunya mengoptimalkan implementasi kegiatan pokok, kegiatan integrasi dan program inovatif. ”ucap Yus Bariah

Selain program pokok yang dilakukan di Posyandu, ada beberapa program tambahan ataupun program integrasi yang disesuaikan dengan karakteristik daerah seperti Bina Keluarga Balita yang dibina oleh BKKBN, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) oleh Kemendikbud, UP2K oleh TP-PKK, dan masih ada lagi program lainnya yang dibina oleh lintas sektor terkait.

BACA JUGA: Pamit, Zaiful Bokhari Minta Maaf Selama Kepemimpinannya di Lamtim

Posyandu bukan milik kesehatan, tetapi milik kita semua, agar posyandu dapat diakses oleh masyarakat diperlukan dukungan dari multi sektor termasuk peran pokjanal dan pokja. Saya berharap pokjanal dan pokja dapat menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan posyandu dengan menyusun perencanaan implementasinya mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan kerja sama semua pihak. semoga Kegiatan  ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, serta memberikan manfaat bagi kita semua. “tutup Yus Bariah.

BACA JUGA: Disperindag Lamtim, Buka Pasar Murah di Lapangan Merdeka Jabung

Hadir mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Kepala Dinas Kesehatan dr. Satya Purna Nugraha. Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Titin Wahyuni. Ketua IBI Lampung Timur Siti wahyuni. (*)