Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Lampura Resmi Miliki Universitas Muhammadiyah Kotabumi

×

Lampura Resmi Miliki Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lampura – Kini, Lampung Utara (Lampura) telah resmi memiliki perguruan tinggi berbentuk universitas. Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMK) resmi dilaunching, oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara Senin. (22/7).

UMK adalah gabungan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (STKIP-M) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah (STIH-M). Merger itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kementerian Riset Tehnologi dan Pendidikan Tinggi (KemenristekbDikti) nomor: 477/KPT/I/2019.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dan pelantikan Rektor UMK periode 2019-2023 yakni, Dr. Sumarno, M.Pd dengan SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor : 207/KEP/I.0/D/2019.

Ketua BPH UMK Hidayatullah mengatakan proses penggabungan dua sekolah tinggi (STKIP dan STIH) merupakan kerja keras, cerdas dan tuntas yang dilakukan teman-teman pimpinan kedua sekolah tinggi tersebut.

Perubahan status dari sekolah tinggi menjadi universitas merupakan sebuah cita-cita yang lama yang saat ini telah terwujud.

“Dengan dikeluarkannya SK Menteri Riset, Tehnologi dan Pendidikan Tinggi maka resmilah berdirinya UMK di sini. UMK merupakan satu-satunya universitas yang ada di Lampung Utara. Terimakasih buat semuanya yang telah bekerja dan mendukung penuh terwujudnya UMK,” ujar Hidayatullah.

Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan pemerintah daerah siap mendukung dan membantu UMK untuk lebih maju dan baik lagi. Dia pun berharap akan lahir dari UMK calon-calon pemimpin masa depan. UMK merupakan bagian dari pembangunan daerah.

“Di UMK ada Fakultas Pertanian dan Peternakan harapan saya lulusannya menjadi lulusan terbaik dan bisa mengaplikasikannya di Lampung Utara. Karenanya kedepan saya buka seluas-luasnya peluang CPNS pertanian dengan jalur khusus melalui Menpan,” pungkasnya.

Diketahui UMK terdiri dari empat Fakultas anatara lain Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dengan prodi hukum dan ilmu komunikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Olahraga, Fakultas Pertanian dan Peternakan dengan prodi Agribisnis, Agroteknologi, Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak, Fakultas Tehnik dan Komputer. (whd)