Scroll untuk baca artikel
Info Wawai

Malam Lebaran, Nunik Gelar Open House di Waway Karya Lamtim

×

Malam Lebaran, Nunik Gelar Open House di Waway Karya Lamtim

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lamtim – Dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri 1440 H, yang jatuh pada Rabu (5/6/2019), Wakil Gubernur Terpilih Chusnunia (Nunik) akan menggelar sholat Ied di kampungnya, Desa Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Selanjutnya tradisi Lebaran di rumah Nunik adalah sungkeman kepada orangtua.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Baca Juga: Pemerintah Tetap 1 Syawal 1440 H, Bertepatan Pada 5 Juni 2019

“Tradisinya mungkin sama dengan keluarga lain. Bersama-sama ke masjid salat Ied, lalu pulang ke rumah, sungkeman. Kebetulan keluargaku keluarga tua, jadi adik-adik ibu dan keluarga-keluarga lainnya kumpul di rumah, bersama-sama sungkeman, baru sarapan bersama,” kata dia.

Setelah itu ungkap Nunik, ada rencana menggelar open house yang dilaksanakan di Waway Karya, Lamtim.

“Open house rencana di Waway Karya. Sore sebelum Lebaran biasanya kami ziarah ke makam nenek dan abah sebelumnya,”tandas dia.

Menurut Nunik, menu di rumahnya saat Idul Fitri bukan ketupat. Dikatakan lebaran ketupat ada tradisi tersendiri dalam keluarganya, yakni sepekan setalah hari raya megah Idul Fitri.

“Keluarga kami biasa ada Lebaran ketupat sendiri sekitar sepekan setelah Lebaran,”jelasnya.

Adapun menu saat lebaran ketupat wajib ada opor ayam, lontong daun, dan gudeg pedes. Tapi bukan gudeg Jogja yang gelap dan manis tapi sayur nangka ala jawa timuran yang pedes, “Kebetulan ibuku asli jawa timur,”tukasnya, mengundang ke Waway Karya. (Abu Umar)