Scroll untuk baca artikel
Nasional

Sistem Satu Arah, Ruas Tol Kalingkung-Cikarang Padat Merayap

×

Sistem Satu Arah, Ruas Tol Kalingkung-Cikarang Padat Merayap

Sebarkan artikel ini

wawainews, ID, Jakarta – Meski PT Jasamarga, memperpanjang sistem satu arah atau one way pada arus balik di ruas tol ke arah Jakarta, namun tidak mengurai kemacetan. Terpantau kendaraan mengulat panjang tetap terjadi di jalur tol sejak dariKalikangkung KM 414 hingga Bekasi.

“GT Kalikangkung KM 414-Cikarang Barat KM 29 diberlakukan satu arah (one way) arah Jakarta,” tulis Jasa Marga dalam akun Twitter-nya @PTJASAMARGA, Sabtu (8/6/2019).

Scroll untuk baca artikel

Baca Juga: Arus Balik, Kendaraan Mengular di Pelabuhan Bakauheni

Pihak Jasa Marga juga meminta warga mencari jalur alternatif. Penerapan one way hingga Cikarang Barat dimulai pukul 20.00 WIB.

“Gunakan jalur alternatif,” imbau Jasa Marga.

Sebelumnya, one way diterapkan dari Kalikangkung Km 414 hingga Cikampek Utama Km 70. Penerapan one way itu dimulai dari pukul 12.00 WIB tadi.

Hingga Sabtu malam Minggu (8/6/2019) kepadatan terjadi di ruas tol Cikampek arah Jakarta. Rekayasa lalu lintas yang diterapkan pihak kepolisian pada arus balik H+3 Lebaran, ternyata tak bisa mengurai kemacetan di jalan tol trans Jawa.

Kemacetan parah terjadi mulai dari Kalikakung Km 414 Tol Cipali hingga GT Cikampek Utama Km 70. pemberlakukan one way pun tak mampu mengurai kemacetan, kendaraan dari arah Utara hanya sesekali bisa bergerak selebihnya terjebak macet panjang.

Pantauan di lokasi sejak sore pukul 17.00 menjelang pintu tol Cikampek Utama jalur kanan satu arah menuju Jakarta mulai macet.

Antrian panjang terjadi di 29 gardu tol, kondisi ini diperparah dengan masih banyaknya kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon. Sekitar 3 kilometer dari gerbang tol, kendaraan arah Jakarta nyaris tak bergerak.

Padahal, pihak Korlantas Polri telah memberlakukan buka tutup rest area sejak Km 62 hingga rest area Km 42. (Red)