Scroll untuk baca artikel
Info Wawai

Tips Kembali Semangat Aktivitas Pasca Libur Panjang

×

Tips Kembali Semangat Aktivitas Pasca Libur Panjang

Sebarkan artikel ini
foto Ilustrasi
foto Ilustrasi

WAWAINEWS.ID – Libur lebaran Idulfitri 1445 H/2024 telah usai, aktivitas mulai kembali seperti biasa untuk mengais rejeki setelah mudik, kumpul bersama keluarga hingga tak sedikit yang merasa jenuh setelah mulai bekerja.

Hal itu fenomen biasa, dikenal sebagai post holiday blues, yaitu rasa sedih dan kehilangan setelah harus kembali ke rutinitas pekerjaan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Mengakhiri liburan yang penuh keceriaan seperti Lebaran dan harus kembali ke rutinitas sehari-hari bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang. Momen ini biasanya diiringi dengan perasaan sedih, kehilangan, atau bahkan kecemasan menghadapi tumpukan pekerjaan di kantor.

Ini bisa menjadi waktu di mana seseorang merindukan momen-momen indah yang telah berlalu, dan mungkin merasa sulit untuk menemukan semangat dan motivasi yang sama seperti saat berlibur.

Beberapa tanda post-holiday blues antara lain kesulitan berkonsentrasi, kurangnya motivasi, perubahan mood, kecemasan dan stres, hingga kehilangan minat pada pekerjaan.

  • Mulai dengan Perencanaan
    Setelah kembali ke kantor, buatlah daftar prioritas dan jadwal untuk tugas-tugas yang harus diselesaikan. Menetapkan tujuan harian atau mingguan dapat membantu meningkatkan fokus dan motivasi.
  • Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif
    Dekorasi ruang kerja Anda dengan barang-barang yang membuat Anda bahagia atau terinspirasi. Musik yang menenangkan atau tanaman hias dapat membantu menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung produktivitas.
  • Berbagi Pengalaman
    Berbicara dengan rekan kerja tentang pengalaman liburan Anda dan mendengarkan cerita mereka juga dapat membantu mengurangi perasaan kesepian atau kehilangan. Menjalin hubungan dengan rekan kerja dapat membantu menciptakan dukungan sosial di tempat kerja.
  • Berikan Diri Anda Waktu untuk Beradaptasi
    Berikan diri Anda waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas kerja. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika Anda merasa tidak segera kembali ke performa terbaik Anda.
  • Prioritaskan Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Pribadi
    Ingatlah pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Luangkan waktu untuk istirahat, olahraga, dan menjalani hobi-hobi yang Anda nikmati di luar jam kerja.

    Perlu diingat bahwa post-holiday blues adalah fenomena yang umum terjadi dan tidak ada yang salah dengan merasakannya.

    Dengan memahami tanda-tanda post-holiday blues dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, pekerja dapat mengatasi perasaan sedih dan kehilangan setelah liburan Lebaran dan kembali bekerja dengan semangat yang baru.***