Scroll untuk baca artikel
Wisata

13 Tempat Wisata Hits dan Direkomendasikan di Lampung Timur

×

13 Tempat Wisata Hits dan Direkomendasikan di Lampung Timur

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lamtim –  Tempat-tempat wisata di Lampung Timur memiliki beragam jenis, mulai dari pantai, danau, wisata alam dan juga wisata sejarah. Semua itu tersebar di penjuru Timur Lampung, yang tentunya bisa dijadikan sebagai daftar kunjungan saat di Lamtim

Beragam tempat wisata tersebut, memiliki pesona dan keistimewaan masing-masing. Satu dengan lainnya memiliki karakteristik yang tak sama dan tentunya khas. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Lampung Timur;

Scroll untuk baca artikel

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan satu dari dua taman nasional yang ada di Lampung. Kawasan Konservasi ini identik dengan keberadaan satwa gajahnya, namun sebenarnya tak hanya mamalia raksasa tersebut yang terdapat di kawasan konservasi ini. Ada badak, rusa, entok rimba dan puluhan satwa lainnya.

Taman Nasional Way Kambas memiliki beberapa zona diantaranya Zona Inti, Zona Rimba, Zona Pemanfaatan dan juga Zona Penyangga. Dari pembagian zona ini, beberapa zona diantaranya sudah dimanfaatkan sebagai lokasi wisata.

Mungkin pengunjung banyak yang mengetahui salah satu lokasi wisata tersebut adalah Pusat Konservasi Gajah, namun, selain itu ada lokasi lain yang bisa dikunjungi seperti Resort Way Kanan, Wisata Desa Penyangga dan aktivitas junggle track serta bird watching.

Punden Berundak, salah satu peninggalan yang ada di Taman Purbakala

2. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Situs Purbakala Pugung Raharjo atau sering disebut juga Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur.

Dilokasi ini terdapat beberapa situs dan benda peninggalan sejarah diantaranya:

Rumah Informasi
Benteng
Punden Berundak
Batu Berlubang
Komplek Batu Mayat
Kolam Megalitik
Dolmen Taman

Dari benda-benda peninggalan tersebut bisa membawa anda kembali pada masa sebelum masehi, mengenai kehidupan pada jaman purbakala. Kemudian bisa menambah wawasan anda terhadap ilmu sejarah atau pun purbakala. Di taman Purbakala juga pengunjung dapat menikmati terapi ikan secara gratis yang konon dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit dan merasakan mandi di kolam megalitik, yang dulu tempat pemandian ratu pugung.

Pemandangan ini akan di dapat ketika berkunjung ke lokasi bernama Taman Batu Granit Tanjung Bintang Lampung Selatan. Yang berbatasan langsung dengan Lamtim (Net)

3. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Batu besar yang ikonik di atas bukit berdiri gagah diantara hijaunya hamparan kebun karet. Pemandangan ini akan di dapat ketika berkunjung ke lokasi bernama Taman Batu Granit Tanjung Bintang Lampung Selatan. Spot ini banyak jadi buruan kawula muda karena lokasinya sangat instagramable.

Di lokasi ini pengunjung bisa menyaksikan hamparan batu-batu granit yang tersusun rapi. Istimewanya, susunan batu granit yang ada di sini terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia sedikitpun.

Danau Kemuning di Sribawono, menjadi salah satu pilihan  di kunjungi saat berada di Lampung Timur. (F.onyenk)

4. Danau Kemuning

Suasana danau dengan air yang jernih dan udara yang sejuk akan anda dapat ketika berkunjung ke Danau Kemuning, Sribawono Lampung Timur.

Beberapa fasilitas yang ada di lokasi ini juga akan menambah betah anda untuk berlama-lama saat mengunjunginya bersama teman atau keluarga.

Danau yang fungsi utama danau ini adalah sebagai sumber pengairan persawahan ini, kini telah menjadi salah satu tempat wisata di Lampung Timur.

Bebebrapa wahana seperti sepeda air, kantin, pondokan dan lainnya telah disediakan oleh pengelola untuk melengkapi kebutuhan pengunjung.

Pantai Kerang Mas, dihiasi pasir putih, dan saung untuk bersantai siap memanjakan keluarga (Net)

5. Pantai Kerang Mas

Menikmati pasir putih nan halus yang terhampar luas dengan ombak yang tenang akan anda rasakan ketika berkunjung ke Pantai Kerang Mas atau kerang Emas Labuhan Maringgai Lampung Timur.

Pantai ini menyajikan panorama yang menakjubkan dan menjadi salah satu destinasi favorit di Lampung Timur yang belum banyak diketahui.

Ombak yang tenang cocok untuk dijadikan lokasi bermain di tepi pantai, selain itu bibir pantai di pantai sangat panjang dan luas.

Lokasi ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Hutan Magrove Desa Sriminosari, anda bisa merasakan sensasi alam dan biota laut. (CDN)

6. Hutan Mangrove Sriminosari

Suasana khas hutan magrove disekitar laut akan memberikan keistimewaan tersendiri ketika dikunjungi. Hal ini yang nampak ketika anda berkunjung ke wisata hutan mangorve Sriminosari yang berada di Kabupaten Lampung Timur.

Jalur track mangrove sepanjang satu kilo meter yang terbuat dari bambu ini akan mampu membuat pengunjung merasakan suasana pantai yang berbeda. Dilokasi ini juga ada beberapa pondokan dan spot selfie yang kekinian.

Hutan Mangrove Purworejo, Pasir Sakti memilik daya tarik tersendiri.

7. Hutan Mangrove Purworejo

Di lokasi ini terdapat objek wisata hutan mangorve yang bisa dinikmati dengan jalur track dan juga menaiki perahu. Pengunjung bisa berkeliling di vegetasi bakau yang hijau yang memiliki pemandangan apik.

Danau Way Jepara, memberi nuansa damai dengan nuansa kesejukan alam dan persawahan. (Net)

8. Danau Way Jepara

Danau Way Jepara Lampung Timur memililki air yang jernih dan nuansa yang masih alami. Walaupun danau ini dibangun oleh campur tangan manusia, namun kesan alami sangat nampak di danau ini.

Di tepi danau ini juga tumbuh banyak pohon yang semakin menambah asri. Bahkan bisa dikatakan danau ini dikelilingi oleh pepohonan.

Danau yang kerap digunakan untuk memancing ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Apalagi jika sore hari, sunset nampak sangat menawan dari lokasi ini.

Camp Eru Margahayu,kawasan perbatasa langsung dengan objek wisata Way Kambas. Disini ada penginapan khusus untuk menikmati suasana pedesaan dan memandikan gajah

9. Ekowisata Camp Eru Margahayu

Objek ini merupakan desa penyangga TNWK, dari sini ada sebuah paket wisata yang dikelola oleh pokdarwis. Paket itu adalah tour junggle track ke TNWK dengan menu utama Camp Eru.

Disana pengunjung bisa melihat gajah jinak dan bisa memandikan gajah serta menaiki gajah untuk berkeliling hutan.

Lahuhan Maringgai merupakan kawasan pesisir Timur Lampung, panorama laut yang siap memanjakan pengunjung dengan kebersihan dan pasir putih takkalah demgan daerah pesisir lainnya.

10. Deretan Pantai di Labuhan Maringgai

Labuhan Maringgai adalah nama dari sebuah kecamatan yang berada di pesisir timur Kabupaten Lampung Timur. Beberapa pantai di daerah ini memiliki panorama yang tidak bisa disepelekan.

Sederet pantai ini adalah Pantai Kuala Penet, Pantai Kuala Bom, Pantai Cemara, Pantai Prunas, dan Pantai Bandung, Pantai Margasari.

Beberapa pantai ini dekat dengan lokasi pasar ikan sehingga pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh ikan bisa membelinya. Salah satu pasar yang cukup terkenal adalah Pasar Kuala Penet, selain ikan disini juga menjual udang.

Suguhan pengetahuan budaya Lampung tentunya yang menjadi utama. Sesat Agung atau populer juga disebut dengan Nuwou Sesat, adalah bangunan tradisional adat Lampung

11.  Sesat Agung

Tempat wisata di Lampung Tumur yang satu ini akan memberikan pengalaman tersendiri ketika dikunjungi. Suguhan pengetahuan budaya Lampung tentunya yang menjadi utama.

Sesat Agung atau populer juga disebut dengan Nuwou Sesat, adalah bangunan tradisional adat Lampung yang sangat khas. Bangunan ini biasanya digunakan untuk balai pertemuan.

Disini pengunjung bisa merasakan suasana tradisonal dengan objek yang khas. Lokasinya berada di Sukadana Lampung Timur. Objek ini memberikan nuansa klasik yang unik jika digunakan sebagai obek foto.

Goa Pandan terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Objek wisata yang jarang dimiliki di lokasi lain

12. Goa Pandan

Wisata Goa Pandan terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Objek wisata yang jarang dimiliki di lokasi lain ini sampai saat ini belum diketahui pasti berapa panjangnya.

Kini masyarakat setempat sudah menjadikan objek ini sebagai destinasi wisata. Selain menyajikan keindahan pemandangan dalam goa yang bisa memanjakan mata pengunjung.

Goa ini juga mampu memberi rasa penasaran bagi penggila traveler yang suka dengan petualangan yang menantang adrenalin. Menuju lokasi anda akan melintas jalur perkampungan tua penduduk asli Lampung yang ramah dan tetap menjaga budaya asli.

terletak di Kecamatan Marga Tiga ini mempunyai keunikan, konon sumur ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang. Dipercaya bisa memberi keberkahan tertentu

13. Sumur Tujuh

Wisata yang terletak di Kecamatan Marga Tiga ini mempunyai keunikan, konon sumur ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang.

Selain keunikan tersebut, daya tariknya adalah suasana di objek wisata ini yang masih sangat asri. Pohon besar dan juga bambu-bambu yang rapat tumbuh disekitar sumur ini.

Redaksi Wawai News.