Scroll untuk baca artikel
Lampung

20 Persen DD Batanghari Nuban, Sudah Bisa Dicairkan

×

20 Persen DD Batanghari Nuban, Sudah Bisa Dicairkan

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lamtim – Camat Batanghari Nuban, Lampung Timur, Muhammad Ridwan, mengatakan 20 persen dana desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2019 sudah ditransfer ke rekening masing-masing desa di wilayahnya.

“Pencairan 20 persen Dana Desa Tahun 2019 di 13 desa se-Kecamatan Batanghari Nuban, tahap pertama sudah terealisasi di 12 rekening desa. Satu desa belum bisa dicairkan karena masih belum memenuhi syarat”kata Ridwan, sapaan akrab Camat Batanghari Nuban, Sabtu (25/5/2019).

Scroll untuk baca artikel

Baca Juga: Pemkab Tanggamus Kembali Peroleh Opini WTP dari BPK RI

Dikatakan, pagu DD setiap desa secara keselurahan di wilayah Kecamatan Batanghari Nuban, disesuaikan dengan kesepakatan masyarakat dalam APBDes, dan tentunya besaran anggaran pasti bervariasi sesuai dengan pengajuan desa.

Dengan telah dicairkan DD tahap pertama tersebut, Ia menghimbau kepada seluruh kepala desa (Kades) di Kecamatan Batanghari Nuban agar merealisasikan DD sesuai dengan SPP saat pengajuan. Hal lain dia juga meminta agar desa dapat, memberdayakan TPK  dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, pada setiap titik pekerjaan pada masing masing desa harus memasang papan informasi anggaran dan pembangunan sesuai dengan APBDes di Desa masing-masing. Hal tersebut imbuhnya untuk  kelancaran pengajuan pencairan DD tahap selanjutnya.

Dalam kesempatan itu Ridwan, menghimbau agar kades dalam Pra dan Pasca liburan lebaran dapat melakukan koordinasi antar sesama kades, kecamatan dan stakeholder lainnya terkait dengan DD.

“koordinasi perlu dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan DD untuk kepentingan pribadi, kelompok atau golongan hingga berurusan dengan hukum,” ucapnya.

Untuk diketahui, tahun anggaran 2019 total penerimaan dana desa di Kabupaten Lampung Timur mencapai Rp.273.707.506.000,00. Lamtim diketahui memiliki 264 desa dengan ketetapan perdesa mendapatkan kucuran dana sebesar Rp1,036 miliar. (Jainal)