Scroll untuk baca artikel
Wisata

Air Terjun Way Lalaan, Tetap Primadona Tujuan Wisata di Tanggamus

×

Air Terjun Way Lalaan, Tetap Primadona Tujuan Wisata di Tanggamus

Sebarkan artikel ini
Lokasi Air Terjun Way Lalapan tetap jadi Primadona destinasi wisata di Tanggamus, suasana alam masih asri trevaler bisa merasakan sensasi berbeda saat di lokasi - foto Sumantri
Lokasi Air Terjun Way Lalapan tetap jadi Primadona destinasi wisata di Tanggamus, suasana alam masih asri trevaler bisa merasakan sensasi berbeda saat di lokasi - foto Sumantri

WAWAINEWS – Air Terjun Way Lalaan di kaki Gunung Tanggamus, masih jadi primadona bagi warga Lampung ketika ke Kota Agung dengan lokasi strategis tepat di tepi jalan setelah menuruni jalur berliku dari Gisting.

Saat ini Way Lalaan tak hanya sekedar jadi tempat berenang duduk dan menikmati keindahan air terjun. Di sini juga terdapat banyak lokasi spot berswafoto. Namun sayang belum ada tempat menantang seperti flying fox.

Scroll untuk baca artikel

Pengunjung hanya bisa menikmati suasana alam sambil duduk santai di gazebo yang disediakan.

Saat menuju ke lokasi air terjun traveler harus menuruni anak tangga yang cukup menantang saat naik, bisa jadi untuk olahraga.

Untuk fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari parkir yang luas, toilet, rumah ibadah, saung untuk bersantai hingga warung makan.

Air terjun itu istimewa dengan fasadnya yang bertingkat.

Banyak sekali tempat tersembunyi di Tanggamus yang layak dijadikan destinasi wisata menarik dengan suasana alam mendukung baik dari cuaca dan lainnya.

Namun sayang masih belum maksimal dikelola baik oleh desa maupun pemerintah setempat. Mulai dari pantai, hutan, sungai serta air terjunnya.

Air Terjun Way Lalaan, terletak di Pekon Kampung baru, Kecamatan Kota agung Timur dan itu dikelola langsung oleh pemerintah setempat melalui dinas Pariwisata.

Konon katanya air terjun ini sudah di temukan sejak jaman penjajahan Belanda.

Berenang di air terjun Way Lalaan

Air terjun itu terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak kurang lebih 200 meter.

Untuk masuk ke area air terjun, pengunjung tak perlu merogoh kocek yang dalam. Traveler cuma perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 dan sudah termasuk parkir.

Air Terjun Way Lalaan berasal dalam bahasa Lampung dari kata ‘waya’ yang artinya sungai dan lalaan yang artinya “bermuara” ke Teluk Semangka.

Tumpahan air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 11 m. Air Terjun Way Lalaan memiliki dua lokasi air terjun, yakni Way Lalaan 1 dan Way Lalaan 2

Di kawasan Way Lalaan 1 banyak di jumpai batu-batu besar. Selain itu, air terjun yang mengalir di kolam besar menuju sungai kecil ini bisa digunakan untuk renang, karena tidak terlalu dalam.

Banyak pengunjung yang memadati sungai kecil ini karena termasuk aman, selain airnya bersih dan juga menyegarkan. Air sungai ini nantinya akan menuju ke Air Terjun Way Lalaan 2.

Selain berenang di Air Terjun Way Lalaan, pengunjung bisa menyusuri kawasan perkebunan durian. Bahkan, saat musim durian tiba, pengunjung bebas makan durian yang tersedia di pohonnya. (*)