Scroll untuk baca artikel
Lampung

Aksi Tolak RUU HIP/PIP Meluas Hingga ke Tanggamus

×

Aksi Tolak RUU HIP/PIP Meluas Hingga ke Tanggamus

Sebarkan artikel ini

TANGGAMUS – Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Distrik Tanggamus gelar aksi demonstrasi Penolakan RUU HIP di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kamis (9/7/20).

Pengerahan masa aksi demonstrasi atau unjuk rasa penolakan Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dipimpin langsung oleh Ketua LSM GMBI Distrik Tanggamus Amroni dan disambut baik oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Fraksi Nasdem Zulkarnain.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Ketua LSM GMBI Distrik Tanggamus Amroni menyampaikan bahwa unjuk rasa yang digelar untuk menyampaikan aspirasinya sebagai bentuk kepedulian terhadap bangsa, dimana RUU HIP menjadi isu Nasional dan menjadi perbincangan protes, pasalnya Pancasila tidak boleh dirubah lagi (Harga Mati).

“Aksi pada hari ini, LSM GMBI menyatakan penolakan terhadap RUU HIP yang tidak sesuai dengan harapan bangsa, Pancasila tidak boleh dirubah lagi, dan ini menjadi salah satu pembelaan dari keluarga besar LSM GMBI terhadap Pancasila” Katanya.

Amroni berharap, adanya aksi penolakan RUU HIP agar DPRD Kabupaten Tanggamus bisa menyampaikan aspirasi mereka kepada DPR RI.

“Kami berharap, wakil rakyat ini bisa menyampaikan aspirasi bahwa di Kabupaten Tanggamus ini LSM GMBI sangat menolak RUU HIP dan tidak merubah Pancasila” Bebernya.

Menurut Amroni, RUU HIP yang sedang gempar di Indonesia ini sangat tidak tepat dan apabila RUU HIP tetap disahkan maka pihaknya akan melakukan aksi unjuk rasa yang lebih besar lagi.

“Sebenarnya, RUU HIP ini Cacat dimasa pandemi Covid-19, pancasila itu tidak boleh diubah – ubah, jika RUU HIP itu disahkan, kami keluarga besar LSM GMBI akan membuat aksi yang lebih besar lagi” Terangnya.

Dikesempatan yang sama, Zulkarnain menyampaikan hasil aspirasi LSM GMBI yang menolak adanya RUU HIP di Kabupaten Tanggamus akan didiskusikan terlebih dahulu.

“Aspirasi penolakan LSM GMBI Tangganus tentang RUU HIP yang menjadi isu nasional, pada dasarnya secara kelembagaan akan kami diskusikan, dan akan kami teruskan” Katanya.

“Kemudian saya secara utusan partai Nasdem Lanjut Zulkarnain, sebagai anggota Fraksi Nasdem ini juga akan kita suarakan di partai kita, sampai ke DPR RI. Artinya partai kami dari pusat sudah berbicara untuk melakukan penolakan terhadap RUU HIP yang menjadi hiruk pikuk masyarakat” Ujarnya

Sementara itu, terkait keamanan selama masa aksi LSM GMBI, Menurut Kabag Ops Polres Tanggamus tidak ada insiden kericuhan dan dipastikan aksi tersebut mengikuti Protokol kesehatan dalam masa New Pandemi Covid-19.

“Untuk keamanan dari Polres terkait Aksi LSM GMBI tentang Penolakan RUU HIP ini cukup damai dan tidak ada kericuhan masa, hanya saja mereka menyampaikan aspirasi penolakan RUU HIP agar bisa disampaikan sampai kepusat,” Pungkasnya (*/SMN)