Scroll untuk baca artikel
Wisata

Batu Caves, Lokasi Wisata Religi Kuil Hindu Tertua di Selangor Bakal Dipasang Eskalator

×

Batu Caves, Lokasi Wisata Religi Kuil Hindu Tertua di Selangor Bakal Dipasang Eskalator

Sebarkan artikel ini
Batu Caves jadi pusat wisata religi, merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu.
Batu Caves jadi pusat wisata religi, merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu.

WAWAINEWS.ID – Bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata religi Batu Caves, tempat
kuil Hindu tertua menajdi salah satu tempat wisata andalan Malaysia, rencanya akan dipasang eskalator menuju kuil.

Dikutip dari Astro Awani, Senin (22/1/2024), pengelola Batu Caves, yang ada di Gombak, Selangor, Malaysia itu, mengumumkan rencana itu akhir pekan lalu. Mereka berharap kuil dapat lebih mudah diakses.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Batu Caves adalah salah satu tempat wisata paling populer di Malaysia. Area itu merupakan tempat ibadah dan ziarah bagi umat Hindu dan merupakan titik fokus festival tahunan Thaipusam setiap tahun.

Gua itu disebut-sebut sebagai salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer. Di dalam gua terdapat kuil bernama Sri Subramaniar Swamy. Selain itu, gua itu mencolok dengan adanya patung Dewa Murugan yang memiliki tinggi 42 meter.

Batu Caves menjadi jujugan wisatawan karena tangga yang instagramable.

“Ya, kuil yang berada beberapa mil di utara ibu kota Kuala Lumpur dan diperkirakan berusia sekitar 400 juta tahun itu, memiliki daya pikat pada tangga pelangi yang menjulang tinggi,”ujar pengunjung.

Untuk mencapai kuil yang terletak di puncak, pengunjung harus menaiki 272 anak tangga. Tangga itu dibangun agar masyarakat bisa lebih mudah memasuki gua utama.

Tangga itu pertama kali dibangun pada 1920 degan bahan dari kayu. Kemudian, diganti dengan 272 anak tangga beton. Pada 2018, tangga itu dicat dengan warna-warna, cerah mulai dari biru cerah hingga oranye cerah.

“Kami berharap pemerintah membantu kami karena eskalator itu memungkinkan penyandang disabilitas dan lansia yang tidak mampu menaiki tangga untuk mencapai kuil utama,” kata ketua panitia candi R. Nadarajah pada Jumat (19/1).

Nadarajah menambahkan pembangunan eskalator dan ruang serbaguna dimulai setelah festival Thaipusam 2024 yang jatuh pada tanggal 25 Januari.

Aula tersebut diperkirakan menelan biaya sekitar 35 juta ringgit Malaysia atau sekitar Rp 115 miliar. Tetapi, dia tidak merinci harga eskalator tersebut.

Batu Caves terletak di Distrik Gombak, Negara Bagian Selangor, sekitar 13 kilometer dari Kota Kuala Lumpur.