Scroll untuk baca artikel
Lingkungan HidupZona Bekasi

Hamparan Sampah Kembali Menghiasi Kali Bekasi Srengseng Hilir

×

Hamparan Sampah Kembali Menghiasi Kali Bekasi Srengseng Hilir

Sebarkan artikel ini

WAWAINEWS – Hampran sampah kembali menghiasi kali Bekasi Srengseng Hilir, tepatnya di Kampung Galian Kapling, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022).

Tumpukan sampah seperti besan yang memanjang tersebut diperkirakan mencapai 3 kilometeran. Hamparan sampah tersebut didominasi stereofoam, sampah rumah tangga juga plastik yang terbawa arus dari hulu ke hilir.

Scroll untuk baca artikel

“Sampah tersebut hasil terpantau langsung saat kami melakukan susur sungai, sampai sekarang belum diangkut. Kami berharap ada tindakan tegas dari Pemkab Bekasi terkait sampah,”ujar Ahmad Ajad Ketua KPA Ranting kepada Cendana News.

Dikatakan bahwa sebagai pegiat lingkungan hidup tidak bosan mengingatkan agar ada perhatian serius dari pemerintah daerah terkait pengelolaan sampah yang terjadi di Kota Bekasi. Seremoni dan pembentukan organisasi yang fokus pada lingkungan terus dilakukan tapi tidak memberi dampak apapun terkait lingkungan hidup.

Menurutnya tim PGR, bersama KPA Ranting dan ENGOH Bekasi sebelumnya telah melakukan susur sungai mulai dari Bendung Kali Cikarang sampe Warung Satu/Blokang, sejauh 6 kilometer. Hal itu dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Pj Bupati Bekasi Ke Muara Gembong.

“Saat susur sungai itu hampir sepanjang jalur dipenuhi tumpukan sampah liar. Begitu pung di bantara kali dipenuhi bangunan liar dan jembatan liar. Penyerobotan bantaran kali sudah tidak bisa terhindarkan,”ucap Ajad mengaku miris.

Bahkan imbuhnya tanggul yang dibangun untuk bantaran kali saat normalisasi kali Cikarang tahun lalu, sudah tak terlihat dengan jelas.