Karnaval Seni Kampung Bali Perkuat Kebhinekaan di Kota Bekasi

Karnaval seni budaya Kampun Bali di Kota Bekasi, sebagai bentuk harmonisasi masyarakat dalam bingkai kebhinekaan, Rabu (2/3/2022)
Karnaval seni budaya Kampun Bali di Kota Bekasi, sebagai bentuk harmonisasi masyarakat dalam bingkai kebhinekaan, Rabu (2/3/2022)

WAWAINEWS - Karnaval Seni Budaya Kampung Bali di Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara melibatkan lintas etinis. Hal itu jadi salah satu bentuk kebhinekaan dan keharmonisasian di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Karnaval Seni Budaya Kampung Bali, jadi rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kota Bekasi yang jatuh pada 10 Maret 2022.

Festival seni budaya tersebut dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, pada Rabu 2 Maret 2022. Dikatakan Karnaval Seni Budaya Kampung Bali sukses melibatkan seni budaya lintas etnis di Kota Patriot.

"Melalui Karnaval Seni Budaya masyarakat Kampung Bali Kota Bekasi menunjukkan adanya daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata budaya di Kota Bekasi,"ucap Mas Tri.

Menurutnya pencampuran berbagai budaya yang ditunjukkan sebagai wujud rasa toleransi yang tinggi terhadap keberagaman, dimiliki oleh masyarakat kampung bali.

“Event ini menonjolkan kerukunan masyarakat Kampung Bali Kota Bekasi yang menjunjung tinggi toleransi atas keberagaman suku agama dan budaya warganya,"tandas Politisi PDI Perjuangan ini.

Kota Bekasi jelasnya dapat guyub hidup berdampingan dan semangat untuk menjadikan kampung ini menjadi salah satu destinasi budaya di Kota Bekasi serta meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung.

Dikatakan pementasan seni budaya ini merupakan niat Pemerintah Kota Bekasi untuk memupuk rasa kebersamaan dalam konteks memupuk kebhinekaan masyarakat Kota Patriot yang majemuk serta sebagai edukasi kepada generasi penerus bangsa.

“Karnaval Seni Budaya ini, bertujuan untuk merajut dan memupuk kebhinekaan masyarakat, Pemerintah berharap, kegiatan ini akan memberikan nilai positif bagi seluruh masyarakat untuk selalu hidup rukun dan damai,” ujar Tri Adhianto

Event karnaval seni budaya itu berjalan dengan tetap dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat sehingga diadakan secara virtual dan non virtual guna meminimalisir terjadinya kerumunan di Kampung Bali tersebut.

Karnaval akan dijadikan sebagai strategi promosi memperkenalkan pariwisata kota Bekasi pada wisatawan luar Kota maupun masyarakat Kota Bekasi dan kemeriahan acara ini tetap terjaga hingga selesai.

Tampilan Ogoh ogoh, Gebogan, penabuh bale ganjur, dan seni musik hadroh dari Istana Nurul Ulla Islami, Ondel ondel Sanggar Raihan Betawi dan pencak silat pusaka siliwangi serta Karate hirodojo.***

Penulis:

Baca Juga