Scroll untuk baca artikel
Lampung

Pembangunan Bendung Margatiga Lamtim Mulai Dikerjakan

×

Pembangunan Bendung Margatiga Lamtim Mulai Dikerjakan

Sebarkan artikel ini
Bendung gerak jabung, untuk pengairan sawah dan perikanan, dengan memanfaatkan air di Way Sekampung. (F.LS)
Bendung gerak jabung, untuk pengairan sawah dan perikanan, dengan memanfaatkan air di Way Sekampung. (F.LS)

wawainews.ID, Lamtim – Pembangunan Bendungan Margatiga di Wilayah Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur dimulai. Pemerintah setempat, menargetkan bendungan tersebut mampu mengairi 10.950 hektar sawah.

Pembangunan Bendungan Margatiga merupakan salah satu proyek nasional di wilayah Lampung Timur. Sebelumnya diketahui pemerintah pusat sudah membangun Bendung Gerak Jabung, yang telah terealisasi tahun lalu dengan memanfaatkan aliran air Way Sekampung.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Pengerjaan bendungan Margatiga sudah masuk dalam tahap pengerjaan,” kata Agustinus Supandriyo, Kasi Tata Teknik Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lampung Timur, dilansir Bisnis, kemaren.

Dikatakan pekerjaan saat ini memasuki tahap pembuatan base camp, penggalian dan clearing lahan. “Baru sebatas itu informasi yang saya tahu,” tandasnya.

Bangunan bendungan Margatiga akan mengenai empat kecataman di Lampung Timur, meliputi Kecamatan Margatiga, Sekampung, Batanghari,dan Metro Kibang dengan jumlah ada 18 desa tersebar diempat wilayah kecamatan. Bahkan ada satu desa di Kota Metro, yakni Kecamatan Metro Selatan.

Menurutnya Bendungan Margatiga akan mampu meningkatkan indeks pertanaman hingga 250 persen, sebagai konservasi air, peredam banjir, sumber air bakau dan sebagai tujuan wisata.

Untuk diketahui bahwa Selain Bendungan Marga Tiga, proyek strategis nasional yang dibangun di Lampung Timur, adalah Bendung Gerak Jabung, di wilayah Kecamatan Jabung dan pengerjaannya sudah 100 persen selesai.

Bendungan Gerak Jabung, berfungsi sebagai saluran irigasi dan ditargetkan dapat mendukung peningkatan produksi pertanian dan perikanan petani di Lampung Timur. Bendungan tersebut akan mengairi sekitar 5.638 hektare areal persawahan di beberapa wilayah Jabung.

Sumber air Bendung Gerak Jabung berasal dari Sungai Way Sekampung. Selain untuk irigasi, Bendung Gerak Jabung ini juga berfungsi untuk perikanan. (Nal)