Scroll untuk baca artikel
Nasional

Presiden Jokowi Tinjau Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Bogor

×

Presiden Jokowi Tinjau Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Bogor

Sebarkan artikel ini
Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo dalam rangka meninjau pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024 di Posyandu Wijaya Kusuma, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (11/6/2024)
Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo dalam rangka meninjau pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024 di Posyandu Wijaya Kusuma, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (11/6/2024)- doc ist

BOGOR – Presiden RI Joko Widodo meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak dalam rangka penurunan stunting di Posyandu Wijaya Kusuma, Kelurahan Kebon Pedes, Kota Bogor, Selasa (11/6/2024).

Di Posyandu tersebut, Presiden Jokowi didampingi Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat itu sedang dilakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan anak-anak serta distribusi makanan bergizi dan suplemen bagi ibu hamil dan balita.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Total yang diperiksa pada kegiatan tersebut sebanyak 105 orang, terdiri dari balita, ibu hamil, dan calon pengantin. Presiden Jokowi pun turut membagikan bingkisan suplemen kepada penerima.

Pengukuran dan intervensi serentak ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia yang menjadi prioritas nasional di bidang kesehatan.

Presiden Jokowi mengatakan, stunting adalah masalah serius dan butuh sinergi antara pemerintah pusat, daerah serta masyarakat dalam menurunkannya. Intervensi perlu dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

“Stunting adalah masalah serius yang dapat memengaruhi masa depan generasi kita. Oleh karena itu, intervensi harus dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar Presiden.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin berharap kunjungan Presiden Jokowi memberikan dorongan motivasi bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya penurunan stunting.

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan Pak Jokowi yang akan memberikan motivasi bagi kita dalam menurunkan stunting,” ungkapnya.

Bey menuturkan, target penurunan angka stunting di Jabar bisa menyentuh angka 14 persen di akhir tahun 2024.

Ia optimistis target tersebut bisa tercapai bila kegiatan pengukuran dan intervensi serentak rutin digelar.

Menurutnya, dengan cara ini penanganan stunting menjadi lebih akurat dan tepat sasaran.

“Target penurunan angka stunting di Jabar tahun 2024 ini bisa sampai di angka 14 persen. Saya kira bisa dengan cara pengukuran ini akan lebih akurat, tepat sasaran, dan partisipasinya pun tinggi,” ujar Bey.***