Internasional

Gerakan Hizbullah Akan Meningkatkan Konfrontasi dengan Israel

×

Gerakan Hizbullah Akan Meningkatkan Konfrontasi dengan Israel

Sebarkan artikel ini
Foto: Militan Hizbullah berparade di pinggiran selatan Beirut. Foto- Marwan Naamani/dpa/Getty Images
Foto: Militan Hizbullah berparade di pinggiran selatan Beirut. Foto- Marwan Naamani/dpa/Getty Images

WAWAINEWS.ID – Gerakan Hizbullah memastikan bahwa akan bertransisi ke fase baru dalam rangka meningkatkan konfrontasi dengan Israel.

Pernyataan tersebut disampaikan Gerakan Hizbullah Lebanon mengatakan dalam suatu pernyataan pada Jumat (18/10) pagi. Bahkan sebelumnya, dalam suatu pernyataan di Telegram, Hizbullah mengatakan bahwa mereka telah menewaskan sekitar 55 tentara Israel di tengah pertempuran yang sedang berlangsung di Lebanon.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Tak hanya itu, mereka pun mengklaim telah melukai 500 tentara lain. Serta menghancurkan 20 tank Merkava bersama 4 buldoser.

Di tempat lain tentara Israel mengeklaim telah membunuh Mohammad Hussein Ramal. Seorang komandan Hizbullah, di Taybeh, Lebanon selatan, dalam serangan udara.

BACA JUGA :  Putin Peringatkan Masa Depan Ukraina Dalam Bahaya

Mereka juga mengatakan telah menemukan dan menghancurkan peluncur roket yang Lebanon siapkan untuk menyerang Israel utara. Pasukannya juga menemukan senjata Hizbullah di Lebanon selatan.

Angkatan Udara Israel juga menyerang kelompok yang mereka katakan sedang bersiap untuk menembakkan rudal antitank ke pasukan Israel yang beroperasi di Lebanon selatan.

Sebelumnya, organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (16/10) merilis pernyataan. WHO menyebutkan bahwa 72 petugas medis dan pasien meninggal dan 43 lain terluka akibat serangan-serangan Israel di Lebanon.

Sejak konflik Israel-Lebanon meletus pada 17 September, WHO memverifikasi 23 serangan terhadap fasilitas kesehatan di Lebanon. Itu menyebabkan 72 kematian dan 43 cedera di kalangan pekerja kesehatan dan pasien.

BACA JUGA :  Siapa Rasmus Paludan, Pelaku Pembakar Kitab Suci Umat Islam di Swedia

Apa Itu Hizbullah?

Hizbullah adalah partai politik Muslim Syiah dan kelompok militan yang bermarkas di Lebanon, di mana ia telah membangun reputasi sebagai “negara di dalam negara.”

Didirikan selama kekacauan Perang Saudara Lebanon selama lima belas tahun (1975–1990), kelompok yang didukung Iran ini didorong oleh perlawanan kerasnya terhadap Israel dan penolakannya terhadap pengaruh Barat di Timur Tengah.***