Scroll untuk baca artikel
Info WawaiKesehatan

Beragam Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Kulit

×

Beragam Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Kulit

Sebarkan artikel ini
Gambar: Minyak Kelapa Asli

WAWAINEWS.ID – Tidak hanya untuk masakan, ternyata ada banyak manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati jerawat.

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang sangat besar, yaitu sekitar 80-90 persen. Asam lemak jenuh yang paling banyak di dalam minyak kelapa adalah asam laurat, yaitu sebanyak 47 persen. Lalu, ada pula asam miristat dan palmitat dalam jumlah yang lebih kecil. Meski mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

BACA JUGA: Industri Rumahan Minyak Kelapa di Kalirejo Diduga Cemari Lingkungan

Dilansir dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), manfaat minyak kelapa sangat beragam, tetapi pemakaiannya tidak bisa sembarangan.

Pasalnya tidak semua jenis kulit cocok dengan minyak ini, sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengoleskannya ke kulit.

Minyak kelapa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah. Manfaatnya untuk wajah berasal dari kandungan beberapa nutrisi penting yang mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, seperti asam laurat yang dapat merangsang produksi kolagen di kulit.

BACA JUGA: Ini, Lima Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan

Kandungan gizi minyak kelapa dipercaya yang terbaik untuk tubuh manusia, contohnya seperti vitamin E, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Selain itu, minyak kelapa tidak memiliki serat dan mineral. Kendati demikian, minyak kelapa masih bermanfaat bagi kesehatan. Berikut rincian kandungan gizi dalam 1 sendok makan (sdm) minyak kelapa:

0 gram protein.

0 miligram (mg) kolesterol.

121 kalori.

13,5 g lemak, di mana 11,2 g jenuh.

BACA JUGA: Ini 12 Jenis Makanan Diklaim Bagus Dikonsumsi Jika Ingin Turunkan Berat Badan

Komposisi di dalam minyak kelapa 100% terdiri dari lemak, terutama 80-90-nya adalah lemak jenuh.

Pada minyak kelapa setidaknya ada 3 jenis asam lemak jenuh seperti asam laurat, asam miristat, dan palmitat.

Berikut ini 10 manfaat minyak kelapa untuk kulit atau wajah