Scroll untuk baca artikel
Agama

Jangan Salah! Ini Situs Resmi Pendaftaran Sertifikasi Halal

×

Jangan Salah! Ini Situs Resmi Pendaftaran Sertifikasi Halal

Sebarkan artikel ini

WAWAINEWS – Semua pihak diimbau waspada terhadap situs atau aplikasi menyamai Sistem Informasi Halal (Sihalal).

Hal itu seiring dengan beredarnya situs sihalal.com. Di dalam situs tersebut terdapat form untuk mengajukan sertifikasi halal, melalui WhatsApp grup.

Scroll untuk baca artikel

Menanggapi situs itu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan bahwa Situs resmi yang disiapkan pemerintah untuk mengajukan Sertifikasi Halal adalah ptsp.halal.go.id.

“Diimbau masyarakat agar waspada. Silakan mengajukan Sertifikasi Halal hanya pada aplikasi SIHALAL yang diakses di laman ptsp.halal.go.id,” tegas Arfi Hatim, Sekretaris BPJPH, dilansir dari situs resmi Kemenag, Minggu (26/6/2022).

Ditegaskan bahwa seluruh isi dan informasi dalam situs tersebut tidak berkaitan dengan aplikasi SIHALAL besutan BPJPH dan tidak berhubungan dengan pendaftaran sertifikasi halal dalam bentuk apapun.

“Jangan mengisi data diri pada aplikasi yang menyerupai SIHALAL di laman situs lain,”tandsnya.

Menurut dia, BPJPH tidak bertanggung jawab bila terjadi penyalahgunaan data yang diinput. ​​

SIHALAL adalah aplikasi layanan Sertifikasi Halal berbasis web yang dikembangkan oleh BPJPH untuk mendukung layanan sertifikasi halal.

SIHALAL dapat diakses secara online melalui perangkat komputer, atau smartphone dengan akses internet.

Komitmen BPJPH untuk melakukan layanan sertifikasi halal yang diajukan pelaku usaha secara digital melalui sistem informasi ini merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39/2021 Pasal 148, bahwa sistem layanan penyelenggaraan JPH menggunakan layanan berbasis elektronik yang terintegrasi.***