Scroll untuk baca artikel
Nasional

JMSI Resmi Jadi Konsituen Dewan Pers

×

JMSI Resmi Jadi Konsituen Dewan Pers

Sebarkan artikel ini

WAWAINEWS – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) organisasi perusahaan media massa berbasis internet, ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers.

Penetapan tersebut sesuai hasil Rapat Pleno Dewan Pers pada Kamis sore, 6 Januari 2022 yang dipimpin langsung ketua dewan M. Nuh.

Scroll untuk baca artikel

JMSI didirikan pada Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kini organisasi yang dipimpin Teguh Santosa sebagai ketua umum dan Mahmud Marhaba, sekretaris jenderal (sekjen) telah memiliki pengurus di 31 provinsi di Indonesia.

Sebelum ditetapkan sebagai Konstituen Dewan Pers, JMSI di pusat maupun di daerah mengikuti verifikasi secara administrasi dan faktual secara ketat.

Dalam keterangan usai menerima informasi penetapan itu, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus JMSI di pusat, daerah dan cabang, yang telah bekerja keras dalam waktu hampir dua tahun membangun dan mengaktivasi organisasi ini.

Mantan anggota Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu juga menyampaikan, JMSI didirikan tidak sekadar untuk menjadi konstituen Dewan Pers saja, melainkan ikut membangun ekosistem pers nasional yang sehat dan profesional.

“Perusahaan media siber harus sehat secara bisnis. Ini tantangan yang tidak sederhana di tengah persaingan yang semakin ketat. Produk pemberitaan yang dihasilkan perusahaan Media Siber harus mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik. Ini juga bukan tantangan yang kecil di tengah godaan untuk jadi yang tercepat”, kata Teguh yang pernah menjadi Wakil Presiden Confederation of ASEAN Journalist (CAJ).

Ia yang sedang berada di Palu, Sulawesi Tengah, dalam keterangan tertulisnya juga mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers yang telah mendampingi JMSI selama verifikasi. Baik administrasi maupun faktual.

“Ini kado terindah bagi kita semua di awal tahun. Kawan-kawan hebat, terima kasih untuk kerja kerasnya selama ini,” kata Teguh Santosa.(*)