Budaya

Menjaga Tradisi, Desa Nibung Gelar Takbir Keliling Tunggal

×

Menjaga Tradisi, Desa Nibung Gelar Takbir Keliling Tunggal

Sebarkan artikel ini

LAMTIM – Pelaksanaan Tradisi takbir kemenangan idulfitri 1441 Hijriyah, di desa Nibung, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur, tahun ini berbeda dari sebelumnya tanpa kemeriahan seperti biasanya.

Demi menjaga tradisi Takbir keliling di desa setempat, tetap dilaksanakan meski hanya dilakukan tunggal dengan melibatkan Kiai So’im, ditemani dua anggota satgas Banser. Mereka berkeliling menggunakan sepeda ontel membawa Toa pengeras suara di Tiyuh Nibung, sai Wawai.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Takbir keliling tunggal ini hanya bentuk menjaga tradisi ditengah pandemi Covid-19. Warga tetap dirumah petugas khusus berkeliling tiyuh menggemakan takbir kemenangan Idulfitri 1441 H,”ungkap Marlin, Kepala Desa (Kades) Nibung, kepada Wawai News, Sabtu malam (23/5/2020).

BACA JUGA :  Terap Festival Bertema Kebencanaan jadi Sarana Edukasi bagi Warga Jabar

Takbir Kemenangan Idul Fitri ditengan Pandemi tahun ini, lanjutnya, tanpa pawai keliling kampung, yang biasanya melibatkan masyarakat banyak. Hal tersebut selain mengikuti imbauan pemerintah Lamtim dalam rangka menghindari warga ramai-ramai berkumpul di jalan dan tidak menjaga jarak sosial di masa pandemi virus corona (COVID-19).

Marlin menuturkan, tradisi Takbir keliling tiap tahun biasanya diikuti ratusan warga Tiyuh Nibung, dari semua umur untuk berkeliling desa mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid bentuk syukur di hari kemenangan usai melaksanakan ibadah rukun Islam ketiga selama sebulan penuh.

“Tahun ini, Masyarakat tetap di rumah saja, tapi mereka tetap mendengarkan gema takbir keliling yang dilaksanakan petugas khusus tiga orang saja,”pungkasnya.

BACA JUGA :  IWO Lamtim: Protes Warga Nibung Terkait Rilis Polisi, Harus Jadi Pembelajaran Wartawan

Diketahui sebelumnya Bupati Lamtim Zaiful Bokhari, telah mengimbau warganya untuk melaksanakan salat idulfitri di rumah saja sesuai imbauan pemerintah.

“Saya bersama keluarga salat Idulfiri di rumah. Selain merupakan imbauan pemerintah, hal ini juga merupakan imbauan MUI,” kata Zaiful, Jumat, 22 Mei 2020.

Selain melaksanakan salat di rumah, pada perayaan tahun ini, Bupati Lamtim juga tidak menggelar acara open house. Untuk itu dia mengimbau masyarakat agar tidak melaksanakan silaturahmi Lebaran secara langsung mengunjungi rumah kerabat atau warga. Namun, cukup melalui media sosial seperti video call atau WhatsApp.

Zaiful mengingatkan di tengah pandemi Covid-19, masyarakat agar dapat terus mematuhi imbauan pemerintah dengan selalu melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) misalnya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, selalu mengunakan masker saat keluar rumah, juga melakukan sosial dan physical distancing serta menghindari kerumunan. (Kandar)