Scroll untuk baca artikel
Kuliner

Mengenal Gulai Langok Lindung, Kudapan Khas Kotaagung yang Legendaris

×

Mengenal Gulai Langok Lindung, Kudapan Khas Kotaagung yang Legendaris

Sebarkan artikel ini
Kuliner Legendaris kotaagung
Gulai Langok Lindung, Kuliner Legendaris khas Kota Agung yang Mulai langka

WAWAINEWS.ID – Gulai Langok Lindung, adalah salah satu kudapan khas dari Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung yang legendaris. Dulu kerap dijumpai saat musim tanam padi di sawah, tapi saat ini gulai langok, menjadi makanan langka.

Gulai Langok Lindung memiliki keunikan baik cara pembuatan dan bahan bakunya sendiri seperti menggunakan lada sebagai pengganti cabai dan bumbu khusus rempah lainnya layaknya gulai santan tapi kelapa tua tidak diperas melainkan di ulek menggunakan ulekan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

BACA JUGA: Gulai Bassal, Masakan Ikan Khas Sekampung Limo Mego Lamtim

Tidak menggunakan tomat tetapi menggunakan kandis dan sebagai penambah rasa biasanya menggunakan daun kemangi.

Dulu Gulai langok lindung kerap dijumpai pada masyarakat Lampung Kotaagung ketika musim tanam padi. Saat tepat untuk mencari belut, dengan cara di obor atau biasa disebut nyuluh dengan lampu petromak saat malam hari.

Seiring berkembangnya kemajuan Zaman, saat ini gulai langok lindung sangat sulit dijumpai, faktor utamanya yaitu sulitnya untuk mendapatkan belut.

BACA JUGA: Mencicipi Kelezatan Gulai Taboh Khas Lampung

Menurut warga Pekon Wayliwok Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, Lampung Agus atau biasa dipanggil Yoyok menyampaikan bahwa kala itu dirinya dan keluarganya tidak pernah ketinggalan gulai langok lindung.

Menurutnya, gulai langok lindung memang ciri khas orang lampung kala itu, sebab semua orang lampung di wilayah pesisir menyukai hewan yang habitatnya di dalam lumpur tersebut.