Scroll untuk baca artikel
Nasional

Negara Harus Hadir, Dalam Peningkatan Kesejahteraan Buruh

×

Negara Harus Hadir, Dalam Peningkatan Kesejahteraan Buruh

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Jakarta – Peringatan hari buruh 1 Mei, diminta tak hanya sekedar seremonial belaka. Tetapi negara mesti hadir dalam membantu memperjuangkan nasib buruh di Tanah Air. Hal ini penting karena buruh menentukan indikator majunya pembangunan negara.

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini buruh punya peranan strategis dalam pembangunan nasional. Sebagai negara besar, RI harus bisa menghormati para buruh.

Scroll untuk baca artikel

“Negara semestinya harus punya keberpihakan yang kuat atas kesejahteraan kaum buruh dan pekerja. Baik buruh di dalam negeri maupun buruh migran. Karena hal ini merupakan mandat konstitusional salah satu tujuan bernegara yaitu memajukan kesejahteraan umum,” ujar Jazuli dalam keterangannya, Rabu (1/5/2019).

Jazuli menyebut ada sejumlah kebijakan yang bisa dilakukan pemerintah RI untuk memperhatikan kaum buruh. Salah satunya, memprioritaskan tenaga kerja dalam negeri daripada tenaga kerja asing. Acuan ini penting di tengah masih tingginya angka pengangguran.

“Kita tidak ingin terus menurus mengirim pekerja sektor rumah tangga, tapi harus meningkat pada sektor keahlian tertentu,” kata Jazuli.

Lalu, yang penting yaitu meningkatkan upah minimum secara berkala ekuivalen dengan inflasi dan kenaikan harga-harga kebutuhan. Kemudian, faktor keberpihakan pemerintah dengan menjaga daya beli masyarakat demi pengendalian harga kebutuhan pokok. Kebijakan ini perlu agar harga tak mencekik masyarakat ekonomi bawah.

Dia pun menyinggung prioritas adanya pelatihan bagi tenaga kerja tak terdidik atau unskill labour menjadi skill labour. Program kebijakan ini harus diutamakan negara. Caranya bisa dengan mendesain sistem pendidikan dan kemitraan industri. Jazuli juga menjelaskan perlunya peluang-peluang usaha dan kemandirian yang harus digalakkan secara masif.

“Tujuannya agar buruh makin sejahtera, berkeadilan, dan bermartabat di negeri ini,” tutur Jazuli.

Diketahui, Massa buruh turun ke berbagai titik lokasi di Jakarta untuk memperingati Hari Buruh Internasional, Rabu 1 Mei 2019. Salah satunya di area Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Berbagai elemen buruh mulai mendatangi Tennis Indoor sejak pukul 09.00 pagi tadi. Mereka tergabung dalam berbagai kesatuan seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek), dan sebagainya.

Di lokasi ini, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bersama beberapa tokoh lainnya hadir pada sekitar pukul 11.00. Ketua Umum Gerindra itu rencananya akan memberikan orasi politik di hadapan buruh.