Scroll untuk baca artikel
AgamaNasional

6 Pesan Gus Yaqut dalam Rakernas Kemenag 2023, Nomor 3 Jadi Pesan Penting

×

6 Pesan Gus Yaqut dalam Rakernas Kemenag 2023, Nomor 3 Jadi Pesan Penting

Sebarkan artikel ini
Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

WAWAINEWS.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 yang mengangkat tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Rakernas dibuka oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu (4/2/2023). Acara ini dihadiri 294 peserta dari unsur Pejabat Unit Eselon I, II, III, dan IV Kemenag Pusat, Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Pimpinan PTKN, dan Kepala Kanwil Kemenag.

Scroll untuk baca artikel

Membuka Rakernas, Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan enam pesan untuk dibahas dan dihasilkan program implementasinya oleh jajaran Kemenag.

Dalam kesempatan itu Gus Yaqut menitipkan 6 pesan penting sebagai rekomendasi kepada semua pihak.

Yaqut Bukan Yakult

1. Peningkatan Profesionalisme ASN

Menag menuturkan, hasil Survei Indeks Profesionalisme ASN Kemenag menunjukkan ada 41,34% ASN yang masih butuh pembinaan. “Untuk ASN yang pada temuan indeks ini dinyatakan masih butuh pembinaan, ini harus disegerakan pembinaannya supaya layanan kita semakin maksimal,” tegas Menag Yaqut.

2. Komitmen Anti Korupsi

Menag meminta ASN Kemenag untuk tetap berkomitmen menghilangkan praktik korupsi di lingkungan Kementerian Agama. “Jangan ada fraud dalam pengadaan barang dan jasa. Pimpinan Satker agar membuat surat edaran larangan praktik koruptif di lingkungan kerja maupun lembaga pendidikan Kementerian Agama, seperti tidak menerima atau memberi gratifikasi dan sebagainya,” pesan Menag.

Menag : Biaya Jemaah Haji Indonesia Terjadi Penambahan

3. Respon Cepat Penanganan Isu di Masyarakat

Menurut Menag, ASN Kemenag perlu memberikan respon cepat, jelas, dan detail atas isu atau masalah keagamaan yang berkembang di masyarakat. “Ini saya rasa perlu dilakukan sebagai edukasi kepada publik, karena publik memang harus tahu penjelasan dari setiap kebijakan yang kita ambil. Jangan ditunggu sampai ada masalah besar baru kita cari solusi-solusi pemecahan masalahnya,” imbuhnya

4. Realisasi Anggaran Program Prioritas yang Akuntabel

Untuk mempercepat pelaksanaan program prioritas, Menag mengharuskan seluruh jajaran Kemenag sudah menyelesaikan 70% anggaran pada bulan ketujuh tahun 2023 dengan cara yang cermat, akurat, akuntabel, dan selalu memperhatikan prinsip kehati-hatian. “Kenapa tujuh bulan? Karena ini akan memudahkan kita mengontrol program-program prioritas yang bapak ibu sekalian jalankan,” tandasnya.

Amalsyah Ramaikan Bursa Kandidat Ketua KONI Lampung, Ini Profil dan Visi Misinya

5. Tercapainya 10 Juta Sertifikasi Halal

Hal kelima yang menjadi mandatori, lanjut Menag, adalah percepatan 10juta sertifikasi halal. “Mandatori yang diberikan Presiden jumlahnya sangat tinggi, yaitu tercapainya 10juta sertifikasi halal di tahun 2024,” tegasnya.

Gema P5H Klaim Sanggup Kembalikan Aset Eks Tripanca ke Kas Daerah, Pemkab Lampung Timur Gimana?

6. Tahun 2023, Tahun Kerukunan Umat Beragama

Akhirnya, Menag mencanangkan tahun 2023 sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama. “Menjelang tahun politik saya khawatirkan banyak terjadi hal-hal yang mengganggu keharmonisan umat beragama. Jadi kita canangkan tahun 2023 sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama,” tutupnya.

Kompak, Tiga Fraksi DPRD Lampung Timur Minta Pilkades Serentak Digelar 2023

Hadir secara daring, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, serta seluruh pimpinan satuan kerja dan jajarannya yang terdiri dari 514 Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, 17 Balai, 10 UPT Asrama Haji, 2.334 Madrasah Negeri dan KUA Kecamatan seluruh Indonesia.