Scroll untuk baca artikel
Pertanian

Pekon Bangunrejo Manfaatkan Dana Desa Untuk Budidaya Alpukat

×

Pekon Bangunrejo Manfaatkan Dana Desa Untuk Budidaya Alpukat

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Tanggamus – Pemerintah Pekon Bangunrejo Kecamatam Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung, lakukan budidaya tanaman Alpukat Wina dengan memanfaatkan Dana Desa tahun 2019 untuk pemberdayaan masyarakat melalui program bibit unggulan.

Bibit unggulan tersebut akan dibagikan kepada masyarakat di wilayah setempat untuk di tanam di pekarangan rumah. Setiap warga akan mendapatkan tiga pohon bibit alpukat Wina yang diyakini memiliki kualitas unggul.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Dipilihnya bibit alpukat dianggap dapat meningkatkan perekonomian warga setelah berbuah, apalagi harga pasar buah alpukat semakin tinggi dan perawatannya pun tidak rumit,” ujar Sabar Kepala Pekon (Desa) Bangunrejo, Senin (26/8/2019).

Dikatakan pemberdayaan masyarakatnya melalui program produk unggulan berupa bibit alpukat. Kedepan setelah memasuki masa panen maka hasilnya akan ditampung  oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bangunrejo.

Sabar Menambahkan, bibit alpukat akan di realisasikan pada pencairan Dana Desa tahap III. “Bibitnya akan di realisasikan di tahap III nanti” Imbuhnya

Pada waktu bersamaan, Sekretaris Pekon Bangun Rejo, Wandi mengatakan, dipilihnya bibit uggul alpukat karena buah alpukat banyak manfaatnya. Disamping itu,  pemasarannya cukup mudah karena permintaan cukup banyak.

“Alpukat selain memberi manfaat bagi kesehatan, harganya stabil dan pemasarannya pun luas seperti sekarang ini” tandasnya

Diketahui jenis bibit alpukat Wina yang akan dibagikan di Pekon Bangunrejo, Tanggamus sengaja di datangkan dari IPB Bogor. Setelah penanaman dalam jangka tiga sampai tiga setengah tahun sudah mulai berbuah. (Sumantri)