Scroll untuk baca artikel
Lampung

Ribuan Hektar Lahan TNWK di Lampung Timur Kembali Terbakar, Ini Penjelasannya

×

Ribuan Hektar Lahan TNWK di Lampung Timur Kembali Terbakar, Ini Penjelasannya

Sebarkan artikel ini
Lokasi titik kebakaran berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Bungur di resort Toto Projo dan Resort Rantau Jaya

WAWAINEWS.ID – Diperkirakan sekitar seluas 1500 hektar lahan Hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Lampung Timur kembali terbakar hebat.

Kebakaran terjadi pada areal vegetasi alang – alang dan semak. Kebakaran tersebut diduga akibat ulah tangan jahil untuk mencari keuntungan pribadi.

Scroll untuk baca artikel

BACA JUGA: Menuju Lokasi Kebakaran, Mobil Damkar Mesuji Terguling

Dari menara pengawas terlihat jelas kepulan asap tebal sejak Sabtu 14 Januari 2023. Lokasi titik kebakaran berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Bungur di resort Toto Projo dan Resort Rantau Jaya.

“Api terlihat pada siang dan hingga malam ini tim pemadam masih berupaya memadamkan” jawab Bonari, salah satu tim pemadam kebakaran di lokasi saat dihubungi awak media, Minggu (15/1/2023).

Kebakaran lahan untuk yang kesekian kali di TNWK itu diduga ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan hendak merencanakan perburuan.

BACA JUGA: Kebakaran Landa Wilayah Pasar Gembrong, Puluhan Rumah dan Kios Ludes

Kasatpolhut TNWK mengatakan bahwa peristiwa kebakaran baru dapat dipadamkan setelah 12 jam. Tim kebakaran harus bekerja keras untuk menjinakkan si jago merah.

“Api baru berhasil dipadamkan jam 22.30 WIB, dengan perkiraan luas areal terbakar ± 1500 Hektar yang merupakan vegetasi alang- alang dan semak dengan titik koordinat (-4.89083 105.64995)” Kata Abdu, Kasatpolhut TNWK, dalam keterangannya.