Scroll untuk baca artikel
Lampung

Lampung Layak Jadi Lumbung Perkebunan dan Peternakan

×

Lampung Layak Jadi Lumbung Perkebunan dan Peternakan

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa wilayah berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai tersebut memiliki potensi besar untuk menjadi lumbung perkebunan dan ternak nasional.

“Banyak lokasi di Lampung ini yang bisa dikembangkan untuk perkebunan dan ternak. Salah satunya di Kota Metro ini,” kata Arinal, disela tinjauan lokasi pembibitan dan penggemukan sapi di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Lampung, Rabu (19/6/2019)

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Melihat potensi tersebut Aribal berinisiatif adanya pemisahan instansi perkebunan dan pertanian di Provinsi Lampung, hal ini agar bisa fokus dalam pengembangan potensi secara maksimal.

“Sudah lama saya berpikir bahwa instansi peternakan dan perkebunan itu tidak boleh digabung. Seperti saat ini perkebunan di Lampung sudah masuk dalam lumbung nasional bahkan dunia. Peternakan juga begitu untuk lumbung Sumatera bahkan sebagian Jawa Barat,”tegasnya.

Karena itu, untuk lebih mengintensifkan peranannya perlu ada pemisahan instansi peternakan dan perkebunan. Dari sebelas komoditi pertanian yang strategis seperti daging, telur, ayam dan padi di Indonesia 40 persen diantaranya berasal dari Lampung.

“Nah nanti saat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta dan Menteri Pertanian dalam waktu dekat ini saya bisa mempromosikan potensi yang dimiliki di Provinsi Lampung. Seperti pembibitan dan penggemukan sapi di Kota Metro,” katanya.

Ia menambahkan, Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi pertama yang bisa melakukan pembibitan dan penggemukan daging konsumsi.

“Diharapkan ini tidak hanya sapi, tapi juga daging-daging lainnya. Apalagi dari informasi pihak pengusaha sampai saat ini pembibitan dan penggemukan sapi yang sudah dilakukan mencapai 2000-3000 ekor. Kedepan kita upayakan 25.000 dari Lampung untuk bisa dirasakan bagi penduduk Indonesia,” tambahnya. (Whd)